Sabtu, 22 November 2014

Efek Penggunaan Charger Dengan Voltase Yang Tidak Sesuai



Saya bukan ahli elektronika, tapi di posting ini saya ingin berbagi pengalaman saja tentang efek penggunaan charger yang spesifikasinya tidak sesuai dengan informasi yang tertera di perangkat elektroniknya. Jadi ceritanya kemarin hari Jum'at tanggal 21 November, 2014 barang pesanan saya datang yaitu 1 unit portable speaker, setelah saya buka packing-nya lalu saya coba lah barangnya, kebetulan portable speaker yang saya beli ini ada FM radio-nya, setelah saya coba ternyata radio-nya berfungsi dengan baik.

Portable speaker yang saya beli ini bisa dicas menggunakan port USB komputer menggunakan kabel USB yang disertakan di dalam kemasannya (di dalam kemasannya tidak disertakan kepala charger-nya), dulu saya pernah membeli barang yang serupa soalnya tapi kemudian saya jual :D nah karena sebelumnya saya pernah membeli sebuah charger USB, hari Jum'at kemarin itu saya pun menggunakan charger tersebut untuk mengecas portable speaker yang baru saya beli tersebut, namun apa yang terjadi ? tiba-tiba suara stasiun radio yang sedang saya dengarkan hilang dan berubah menjadi suara gemerisik, saya sudah coba channel radio lainnya tapi tetap sama saja, saya pun sudah beberapa kali mengulangi langkah pencarian channel radio tapi tetap sama saja, hanya suara gemerisik yang saya dengar.

Ternyata setelah saya perhatikan, info spesifikasi yang tertera di charger dan yang tertera di portable speaker saya tersebut berbeda, yang tertera di charger spesifikasinya adalah Output: DC 5.7V/800mA, sedangkan yang tertera di portable speaker saya spesifikasinya adalah: Voltagem: 5 V DC, 500mA.

Jadi portable speaker yang baru saya beli tersebut kini tidak bisa lagi saya gunakan untuk mendengarkan radio, kecuali kalau portable speaker-nya saya sambungkan ke ponsel saya yang ada radio-nya, jadi radio-nya diputar di ponsel dan suaranya keluar di portable speaker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar