Selasa, 05 November 2013

Cara Memindahkan Menu File, Edit, Dll Dari Bar Unity Ke Setiap Jendela Program Di Ubuntu 12.04.3 LTS



Salah satu hal yang tidak saya sukai dari desktop environment Unity di sistem operasi Ubuntu 12.04.3 LTS yang saya gunakan adalah letak menu File, Edit, dll yang dimunculkan di bar Unity bukan di bagian atas setiap jendela programnya, hal ini cukup merepotkan bagi saya karena monitor yang saya gunakan lumayan besar ukurannya, nah jika anda merasakan hal yang sama, berikut caranya agar menu-menu File, Edit, dll tersebut letaknya ada di bagian atas setiap jendela program. Caranya pertama buka aplikasi Terminal anda lalu ketikkan perintah sudo apt-get autoremove appmenu-gtk appmenu-gtk3 appmenu-qt seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, setelah itu silahkan anda restart komputer anda.


Setelah saya cek beberapa program, hampir semua program menu File, Edit, dll nya lokasinya pindah ke bagian atas jendela-jendela program tersebut, namun ada 2 yang tidak berubah yaitu Mozilla Firefox dan Mozilla Thunderbird. Untuk Mozilla Firefox anda bisa mengikuti langkah berikut untuk memindahkan menu File, Edit, dll nya:

Pertama buka browser Mozilla Firefox anda lalu ketikkan about:config di address bar nya. Setelah anda masuk ke tampilan yang berisi daftar settingan, ketikkan ui.use pada search bar nya lalu pada settingan ui.use_unity_menubar silahkan ganti value nya dari true ke false dengan cara men-double-click nya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar