Jumat, 01 November 2013

Belajar Linux, Lebih Baik Membiasakan Diri Menggunakan Program GUI Atau CLI ?



Setelah beralih ke Linux saya jadi lumayan sering melakukan sesuatu dengan cara mengetikkan perintah command-line nya di aplikasi Terminal, sebelumnya dulu ketika saya masih menggunakan Windows, saya termasuk sangat jarang melakukan hal tersebut. Mungkin kebiasaan saya tersebut sedikit banyak terjadi karena kebanyakan tutorial-tutorial yang saya temukan di internet banyak mengajarkan sesuatu hal nya menggunakan perintah-perintah CLI (Command-Line Interface) ketimbang melalui program GUI (Graphical User Interface).

Melakukan sesuatu hal melalui CLI memang membutuhkan kemampuan daya ingat yang lebih besar ketimbang jika kita melakukannya melalui program GUI, melalui CLI kita harus ingat apa perintahnya, untuk meng-install sesuatu kita juga harus ingat nama package-nya, kalau menjalankan program CLI kita juga harus bisa mengingat shortcut-shortcut-nya, lain halnya kalau kita melakukannya melalui program GUI, melalui program GUI kita hanya harus mengingat dimana letak posisi menu atau tombolnya saja. Tapi dibalik semua itu, membiasakan diri melakukan segala macam hal melalui CLI itu menurut saya akan memberikan keuntungan sendiri, yang pertama program CLI lebih ringan dibandingkan program GUI, artinya tidak memakan resource komputer sebesar program GUI, yang kedua untuk me-manage komputer secara remote (melalui jaringan LAN atau internet) maka program-program yang kita gunakan biasanya adalah program CLI, nah kalau kita sudah terbiasa melakukan segala macam hal di komputer kita menggunakan program CLI, maka me-manage komputer secara remote tentunya tidak akan terlalu menyulitkan.

Jadi saran saya sih, untuk anda yang berniat mempelajari Linux lebih baik membiasakan diri melakukan sesuatu halnya dengan cara mengetikkan perintah command-line nya di aplikasi Terminal distro Linux anda, apalagi kalau usia anda masih muda, karena biasanya kalau masih muda itu kemampuan daya ingatnya kan masih bagus ya ? Siapa tahu karena anda sehari-hari terbiasa menggunakan perintah CLI, suatu saat nanti ada orang yang menawari anda pekerjaan sebagai Linux System Administrator :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar