Jumat, 01 November 2013

Apa Itu PPA Di Ubuntu & Bagaimana Cara Menggunakannya



Kali ini saya ingin membahas tentang PPA, PPA itu singkatan dari Personal Package Archive, apa sih PPA itu dan apa fungsinya ? PPA itu adalah sebuah software repository khusus yang disediakan oleh Ubuntu sebagai tempat bagi para developer software atau pihak-pihak lainnya untuk me-maintain versi terbaru dari sebuah software. Soalnya biasanya software-software yang disediakan di repository yang di-maintain oleh tim Ubuntu itu tidak selalu up-to-date, jadi solusinya adalah dengan menggunakan PPA. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan PPA, ada baiknya anda teliti dulu siapa pihak yang me-maintain-nya, apakah bisa kita percayai atau tidak.

PPA Ubuntu itu sendiri di-hosting-kan di situs Launchpad, jadi jika anda berniat ingin menjadi maintainer sebuah software untuk Ubuntu anda cukup upload-kan saja source code software-nya ke situs Launchpad tersebut nanti situs Launchpad akan membuat versi binary-nya dan user Ubuntu nanti bisa meng-install software-nya.

Cara Menambahkan PPA & Meng-Install Software

Untuk menambahkan PPA dari software yang ingin kita install caranya mudah kok, yaitu dengan mengetikkan perintah sudo add-apt-repository ppa:nama_ppa_nya sebagai contoh jika anda ingin meng-install PPA untuk software Shutter maka perintahnya adalah sebagai berikut:

sudo add-apt-repository ppa:shutter/ppa
sudo apt-get update

sudo apt-get install shutter

Cara Menghapus PPA

Untuk menghapus PPA yang sebelumnya kita tambahkan caranya adalah dengan mengetikkan perintah sudo add-apt-repository --remove ppa:nama_ppa_nya sebagai contoh untuk menghapus PPA software Shutter yang sebelumnya kita tambahkan maka perintahnya adalah sebagai berikut:

sudo add-apt-repository --remove ppa:shutter/ppa
sudo apt-get update

Cara Melihat Daftar PPA Yang Pernah Kita Tambahkan

Untuk melihat daftar PPA yang sebelumnya pernah kita tambahkan caranya adalah melalui aplikasi Ubuntu Software Center, silahkan buka aplikasi tersebut lalu klik menu Edit > Software Sources, lalu klik tab menu Other Software, pada gambar di bawah ini anda bisa melihat daftar PPA yang pernah saya tambahkan ke komputer desktop saya yang menggunakan sistem operasi Ubuntu 12.04.3 LTS:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar