Minggu, 09 Juni 2013

Cara Install LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) Di Linux & Cara Mengetesnya Apakah Jalan Atau Tidak



Barusan saya meng-install LAMP di netbook saya, ada cukup banyak cara dalam meng-install LAMP ini, bisa di-install satu-satu atau menggunakan perintah yang akan meng-install ketiganya (Apache, MySQL, PHP) secara otomatis. Kalau saya sih lebih suka dengan perintah yang meng-install ketiganya secara otomatis karena lebih praktis, perintahnya adalah sudo apt-get install lamp-server^ setelah anda ketikkan perintahnya dan anda tekan tombol Enter, nanti secara otomatis perintah tersebut akan menyeleksi paket-paket apa saja yang diperlukan. Pada saat instalasi berjalan, nanti akan muncul tampilan dengan latar belakang berwarna biru yang meminta anda untuk memasukkan password root MySQL seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, silahkan masukkan password yang anda inginkan, nanti proses instalasi pun akan dilanjutkan.


Setelah proses instalasi LAMP selesai, untuk mengetes apakah server Apache nya jalan atau tidak anda ketikkan saja http://localhost di browser anda, jika Apache nya jalan nanti akan muncul pesan seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Sekarang untuk mengetes PHP, jika anda menggunakan program text editor gedit, anda ketikkan perintah sudo gedit /var/www/tes.php lalu nanti setelah terbuka jendela program gedit-nya anda ketikkan lalu simpan dokumennya dan tutup. Setelah itu anda ketikkan http://localhost/tes.php di browser anda, jika PHP ter-install dan jalan maka nanti akan muncul tampilan seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar