Selasa, 18 Juni 2013

Cara Install Modem Smartfren CE682 Di Linux Mint 14



Biasanya jika saya online di komputer saya yang bersistem operasi Linux, saya selalu mencolokkan modem Smartfren CE682 saya ke router TP-LINK MR3020, alasannya karena saya belum menemukan driver modem tersebut untuk Linux dan router TP-LINK saya tersebut bisa mengenali modemnya. Nah, karena router saya tersebut saya tinggal di Balikpapan, dan paket kiriman router baru belum juga sampai di rumah saya, maka tadi saya browsing-browsing bagaimana sih caranya supaya modem Smartfren tersebut bisa jalan di Linux Mint 14 saya tanpa router, dan akhirnya saya menemukan solusinya yaitu dengan cara menggunakan wvdial yang bisa di-install menggunakan perintah sudo apt-get install wvdial tapi karena saya tidak bisa online di Linux Mint 14 saya, maka saya harus men-download package wvdial tersebut bersama dependencies-nya secara manual di situs Ubuntu melalui sistem operasi Windows 7 Ultimate (komputer saya masih dual booting).

Berikut ini daftar package yang harus anda download dan install, silahkan anda download dan install satu persatu mulai dari nomor 1 hingga ke nomor 4:
  1. libwvstreams4.6-base
  2. libwvstreams4.6-extras
  3. libuniconf4.6
  4. wvdial

Setelah selesai sekarang anda buka aplikasi Terminal anda lalu ketikkan perintah sudo gedit /etc/wvdial.conf lalu ganti isinya menjadi seperti di bawah ini:

[Dialer smartfren]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDT
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 460800


Selanjutnya yang saya lakukan adalah melepaskan modem Smartfren CE682 saya dari port USB-nya, lalu saya colokkan lagi dan tunggu beberapa detik hingga lampu-nya tidak berkedip lagi, kemudian saya ketikkan perintah sudo modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x1022 lalu setelah itu saya ketikkan perintah sudo wvdial smartfren untuk connect ke internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar