Kamis, 23 Mei 2013

Cara Mengatasi Error Update Di Lubuntu 13.04



Karena di rumah saya tadi mati lampu akhirnya saya pindah ke netbook, nah ketika login ke Lubuntu 13.04 di netbook saya, saya perhatikan di pojok kanan bawah ada icon bulatan merah dengan tanda strip horizontal di tengahnya, icon tersebut tidak hilang walaupun netbook-nya di-restart. Ketika di-klik icon-nya lalu saya klik beberapa menu-nya muncul pesan-pesan error, salah satunya adalah ketika saya klik menu Synaptic Package Manager yang kemudian memperlihatkan pesan error seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Saya pun sudah mencoba melakukan update dengan perintah sudo apt-get update tapi diakhir proses muncul pesan error seperti berikut ini:

Fetched 363 kB in 1min 58s (3.061 B/s)
Reading package lists... Error!
E: Encountered a section with no Package: header
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/security.ubuntu.com_ubuntu_dists_raring-security_universe_i18n_Translation-en
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.


Setelah browsing-browsing akhirnya saya menemukan juga solusinya, yaitu dengan cara mengetikkan perintah sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf baru setelah itu ketikkan lagi perintah sudo apt-get update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar