Kamis, 09 Mei 2013

Cara Mematikan Sinyal Wi-Fi Pada Router TP-LINK TL-MR3020



Salah satu kekurangan yang saya rasakan selama menggunakan sistem operasi Linux adalah masalah driver, kalau untuk driver motherboard sih sudah tidak perlu driver lagi, begitu pun untuk netbook saya, tidak perlu driver lagi, nah yang jadi masalah adalah driver untuk perangkat-perangkat lain seperti modem dan tv tuner eksternal, untuk modem kebetulan saya memiliki 2 buah modem, 1 modem HSDPA merek Sierra Wireless (C885) dan 1 lagi modem CDMA merek Smartfren (CE682), mungkin karena merek Sierra Wireless lebih terkenal jadi tanpa driver pun begitu dicolokkan di Linux Mint saya modem-nya bisa langsung dikenali, namun kalau yang Smartfren tidak bisa dikenali. Nah untungnya saya memiliki sebuah router portable merek TP-LINK yaitu TP-LINK TL-MR3020, jadi saya colokkan saya modemnya ke router saya tersebut untuk konek ke internet.

Untuk keperluan ber-internet di luar rumah saya pun berencana membawa router saya tersebut, namun karena router alias dia memancarkan sinyal Wi-Fi, rasanya kok tidak nyaman ya kalau saya menggunakannya di luar rumah, walaupun koneksi Wi-Fi nya saya proteksi dengan password tapi tetap saja saya merasa tidak aman, apakah sinyal Wi-Fi pada router TP-LINK TL-MR3020 tersebut bisa dimatikan ? jawabannya adalah iya, tadi saya sempat mencari-carinya dan akhirnya menemukannya.

Jadi untuk mematikan sinyal Wi-Fi pada router TP-LINK TL-MR3020 pertama anda sambungkan kabel ethernet ke port RJ-45 komputer anda lalu sambungkan juga kabel power-nya, kemudian akses halaman admin-nya, kalau pada router saya halaman adminnya bisa diakses melalui browser menggunakan alamat IP address http://192.168.0.254 setelah itu masuk ke menu Wireless > Wireless Settings seperti yang bisa anda lihat pada gambar ini, lalu lepaskan tanda centang pada pilihan Enable Wireless Radio kemudian tekan tombol Save.


8 komentar:

  1. nah cara untuk mematikannya ketika sudah tidak dipakai gimana bos?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. biasanya sih kalo saya langsung saya cabut saja kabel power Wi-Fi nya kalo Wi-Fi nya sudah tidak saya pakai

      Hapus
    2. tombol power yg ada dibelakang itu ya?

      Hapus
    3. seingat saya TP-LINK TL-MR3020 ini tidak memiliki tombol power, yang saya cabut itu kabel colokkan listriknya

      Hapus
  3. saat wirellesnya dmatikan apa kita tetap bisa menggunakan internet dengan kabel ,sumber jaringan menggunakan modem usb yang dipasang di tplink

    BalasHapus
  4. Kalau dijadwal otomatis mati dan hidup lagi bagaimana caranya?

    BalasHapus
  5. selain menggunakan wifi, untuk berbagi koneksi apa bisa dengan kanel lan/ethernet.

    BalasHapus