Kamis, 16 Mei 2013

Cara Export Live Bookmarks Di Browser Mozilla Firefox Ke File OPML



Saya punya kebiasaan menggunakan 2 buah browser ketika sedang menggunakan internet, browser Mozilla Firefox biasa saya gunakan untuk login ke akun-akun internet saya, sedangkan untuk browsing artikel, melihat video dan lain sebagainya saya biasa menggunakan Chromium. Salah satu fitur yang tidak saya temukan di Chromium dan ada di Mozilla Firefox adalah fitur Live Bookmarks, fitur tersebut adalah fitur untuk berlangganan RSS feed, karena Chromium adalah browser yang biasa saya gunakan untuk browsing artikel, alangkah lebih pas kalau saya berlangganan RSS feed nya di Chromium saja.

Dan tadi akhirnya saya menemukan ekstension Chromium / Google Chrome yang bisa memberikan fungsi seperti Live Bookmarks di Mozilla Firefox, nama ekstensionnya adalah RSS Live Links. Agar saya bisa meng-export koleksi RSS feed saya di Live Bookmarks Mozilla Firefox ke RSS Live Links di Chromium saya harus meng-export Live Bookmarks nya ke file OPML karena RSS Live Links hanya bisa meng-import file OPML saja. Untuk meng-export koleksi Live Bookmarks nya saya menggunakan bantuan sebuah add-on bernama OPML Support, berikut cara meng-export nya:

Setelah anda install add-on OPML Support nya dan anda restart browser Mozilla Firefox nya, sekarang anda klik menu Bookmarks > Show All Bookmarks di browser Mozilla Firefox anda. Kemudian setelah jendelanya muncul anda klik menu Import and Backup seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini lalu pilih menu Export OPML.


Nanti akan muncul jendela kecil seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, ganti pilihan pada What do you want to export? ke Only Live Bookmarks (Feeds), lalu klik tombol OK. Silahkan simpan file OPML nya ke lokasi yang anda inginkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar