Kamis, 04 April 2013

Cara Membuat Live USB Ubuntu Di Linux Mint Menggunakan Perintah Command Line



Kemarin malam saya meng-install sistem operasi Kali Linux di netbook ASUS 1015PEM saya menggunakan Live USB yang saya buat sendiri di Linux Mint menggunakan perintah command line, tadinya saya mau menggunakan program UNetbootin tapi pas saya buka ternyata tidak ada pilihan untuk Kali Linux, akhirnya saya pun browsing-browsing dan menemukan cara untuk membuat Live CD-nya via Terminal, berikut caranya:

Langkah pertama colokkan flashdisk anda ke port USB di komputer anda, selanjutnya anda identifikasi lokasinya menggunakan perintah command line mount nanti akan muncul output informasinya kurang lebih seperti yang bisa anda lihat pada contoh gambar di bawah ini:


Pada contoh gambar di atas nama flashdisk saya adalah BLUE16GB dan lokasinya berada di /dev/sdb seperti yang ditunjukkan oleh highlight berwarna kuning. Nah setelah mengetahui lokasi flashdisk-nya sekarang anda pindah ke folder tempat file ISO OS-nya berada, sebagai contoh OS yang akan saya install adalah Ubuntu 12.04 LTS, dan lokasinya ada di folder Downloads/OS, maka saya gunakan perintah cd Downloads/OS untuk masuk ke folder tempat file ISO Ubuntu tersebut berada.


Sekarang kita mulai membuat Live USB-nya (pastikan anda memasukkan lokasi flashdisk yang benar pada bagian yang saya beri warna biru pada perintah berikut, jangan sampai anda salah memasukkan lokasi harddisk! karena kalau salah data-data anda di harddisk bisa hilang!), perintah untuk membuat Live USB-nya adalah sebagai berikut:

sudo dd if=ubuntu-12.04-desktop-amd64.iso of=/dev/sdb bs=512K

Silahkan sesuaikan nama file ISO-nya (yang saya beri warna merah) dengan file ISO OS yang anda miliki, dan sesuaikan juga lokasi flashdisk anda pada bagian yang saya beri warna biru. Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan Live USB-nya selesai, setelah itu anda cabut flashdisk-nya lalu colokkan ke komputer yang akan anda install.

Jika anda menggunakan netbook ASUS 1015PEM, agar pada saat booting bisa masuk ke flashdisk caranya anda colokkan flashdisk-nya lalu nyalakan netbook-nya, lalu sesaat setelah netbook-nya menyala anda tekan-tekan terus tombol Esc di keyboard anda hingga muncul menu booting-nya, pilih menu boot dari USB lalu silahkan anda teruskan prosesnya.

Berikut ini foto netbook ASUS 1015PEM saya yang saya tes untuk menjalankan sistem operasi Ubuntu 12.04 LTS dari Live USB yang saya buat menggunakan cara di atas:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar