Kamis, 04 April 2013

Cara Format USB Flashdisk Di Linux Menggunakan Perintah Command Line



Semalam saya meng-install Kali Linux di netbook saya menggunakan Live USB, nah karena flashdisk Live USB-nya sudah selesai saya gunakan maka pagi ini saya pun mem-format-nya. Ternyata untuk mem-format flashdisk di Linux itu agak ribet, tidak seperti di Windows yang tinggal klik kanan lalu format, di Linux saya harus menggunakan perintah command line, berikut cara mem-format-nya:

Pertama saya colokkan flashdisk saya lalu saya identifikasi lokasinya menggunakan perintah sudo fdisk -l (huruf L kecil bukan huruf i) kemudian saya masukkan password saya, setelah saya tekan tombol Enter maka muncul output informasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Saya mencolokkan 2 buah flashdisk, yang satu berkapasitas 8GB dan satu lagi berkapasitas 16GB, nah sebagai contoh flashdisk yang akan saya format adalah yang berkapasitas 8GB. Lokasi kedua flashdisk-nya pada gambar di atas saya beri highlight warna kuning, karena kapasitas kedua flashdisk-nya berbeda maka dengan mudah saya bisa mengidentifikasinya, flashdisk yang 8GB berada di /dev/sdb.

Hati-hati jangan sampai salah mengidentifikasi lokasi flashdisk-nya, pastikan lokasi yang anda identifikasi adalah flashdisk yang ingin anda format bukan harddisk! karena kalau salah maka data-data anda di harddisk akan hilang!

Sebelum bisa mem-format-nya saya harus meng-unmount dulu flashdisk yang akan saya format tersebut menggunakan perintah sudo umount /dev/sdb1 lalu saya masukkan password saya, yang saya unmount adalah sdb1 bukan sdb sesuai yang tertera pada gambar di atas pada bagian Device Boot, jika pada bagian Device Boot-nya tidak ada isiannya maka gunakan sdb untuk unmount-nya.

Selanjutnya adalah mem-format flashdisk dan memberi nama label, saya bisa mem-format sdb atau sdb1 (ingat sdb adalah lokasi flashdisk di komputer saya, di komputer anda bisa jadi berbeda, jangan sampai anda memasukan lokasi harddisk!), jika saya format yang sdb maka yang sdb1 pun akan hilang nantinya, sebagai contoh saya format saja yang sdb, perintahnya adalah sudo mkfs.vfat -n 'NAMALABEL' -I /dev/sdb (pada -I yang digunakan adalah huruf i besar bukan L kecil) lalu saya masukkan password-nya, saya tunggu beberapa detik dan flashdisk pun telah ter-format.

Setelah selesai di-format saya cabut flashdisk-nya lalu saya colokkan lagi, dan flahdisk pun sekarang terdeteksi kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar