Jumat, 05 April 2013

Cara Export & Import Password Di Browser Mozilla Firefox Menggunakan Add-On Password Exporter



Walaupun memiliki kemampuan untuk menyimpan password, browser Mozilla Firefox ini ternyata tidak memiliki fitur untuk export dan import password, sungguh disayangkan memang, semoga saja pada versi yang akan datang fitur export dan import password ini ditambahkan. Karena tidak memiliki fitur export import password built-in, maka kita harus menambahkan fungsi tersebut ke browser Mozilla Firefox kita menggunakan bantuan add-on, dan add-on yang saya gunakan untuk export dan import password bernama Password Exporter, silahkan anda install dulu password-nya, dan berikut ini cara export dan import password-nya:

Setelah anda install add-on Password Exporter-nya, klik menu Edit > Preferences, pilih tab menu Security lalu klik tombol Import/Export Passwords seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Selanjutnya akan muncul jendela kecil seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, klik tombol Export Passwords, nanti akan muncul jendela kecil dengan judul Password Exporter Notice, untuk melanjutkan anda harus menyetujui pernyataan yang ditulis di jendela tersebut, jika anda setuju klik tombol I Accept untuk melanjutkan.



Selanjutnya akan muncul jendela untuk memasukkan Master Password anda jika anda menggunakannya, silahkan masukkan password-nya dan setelah itu proses export password pun akan dijalankan, silahkan save file-nya ke lokasi yang anda inginkan dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara Import Password Di Mozilla Firefox

Setelah selesai export password-nya sekarang saya ajarkan cara import-nya, kebetulan password-nya saya export ke netbook saya yang menggunakan browser Iceweasel, Iceweasel ini adalah nama lain Firefox kalau di sistem operasi Debian dan distro turunannya.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah meng-install add-on Password Exporter-nya, setelah di-restart browser-nya lalu saya buka menu Tools > Add-ons lalu saya klik menu Extensions, selanjutnya saya klik tombol Preferences di add-on Password Exporter-nya, nanti akan muncul jendela Import/Export Passwords, saya klik tombol Import Passwords pada jendela tersebut seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini


Selanjutnya saya masukkan file password yang tadi saya export dari browser Mozilla Firefox di komputer desktop saya, dan saya tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai langkah selanjutnya adalah saya proteksi koleksi password di browser Iceweasel-nya menggunakan Master Password melalui menu Edit > Preferences di tab menu Security.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar