Senin, 01 April 2013

Beda Path & Facebook



Beberapa hari yang lalu saya akhirnya mendaftar juga di situs Path, dari mulai daftar pun saya sudah merasakan perbedaannya, yang pertama walaupun pendaftaran bisa dilakukan melalui browser, tapi setelah proses pendaftarannya selesai saya diberi instruksi untuk men-download aplikasi Path-nya melalui ponsel. Jadi kalau melalui browser kita hanya bisa mendaftar dan merubah setting-an akun kita saja, kalau untuk menggunakan layanannya seperti menambahkan teman, melihat update status dan lainnya kita harus men-download aplikasinya yang tersedia untuk iPhone / iPad dan Android. Jadi perbedaan yang pertama dari sisi pengguna Path ini lebih eksklusif dibandingkan Facebook karena yang bisa menggunakannya adalah mereka-mereka yang memiliki iPhone / iPad dan gadget Android saja.
Perbedaan yang kedua adalah dari sisi jumlah teman maksimum yang bisa kita miliki di akun kita, Path memberlakukan jumlah teman maksimum sebanyak 150 teman saja, sedangkan Facebook dari informasi yang saya baca di berbagai situs mereka katanya membatasi jumlah teman hingga 5000 teman. Jadi Path ini sepertinya dirancang sebagai situs sosial media tempat kita sharing bersama teman-teman dekat kita atau teman-teman yang memang kita kenal secara offline.

Perbedaan lainnya dari sisi aplikasi dan fitur, saya merasa Path lebih sederhana dibandingkan Facebook, ada 3 halaman utama pada menu aplikasi Path yaitu Activity, Moments dan Friends. Halaman Activity itu berisi notifikasi-notifikasi, halaman Moments berisi update status kita dan teman-teman kita, sedangkan halaman Friends berisi daftar teman kita.

Untuk sharing sesuatu seperti foto dan update status, tombol untuk mengaksesnya berupa tombol bulat kecil dengan tanda "+" di pojok kiri bawah, jika kita klik tombol tersebut maka akan terbuka deretan menunya, saat saya menulis artikel ini terdapat 5 menu pada tombol "+" tersebut yaitu tombol untuk sharing foto, sharing lokasi, sharing musik apa yang sedang kita dengarkan, sharing status / thought, dan tombol sharing status "Go to Sleep" dan "I'm Awake".

1 komentar: