Minggu, 07 April 2013

Cara Memindahkan Folder Pictures Dari Akun Root Ke Akun Biasa Di Kali Linux Menggunakan Perintah Command Line



Pada saat saya menggunakan Kali Linux dengan akun root, saya sempat membuat beberapa screenshot dan men-download beberapa wallpaper yang saya simpan di folder Pictures, nah ketika saya memutuskan untuk menggunakan akun biasa (bukan root), file-file tersebut tidak bisa saya akses (tidak ada di folder Pictures akun biasa saya). Jadi agar bisa mengaksesnya, file-file gambarnya harus saya pindahkan dulu ke folder Pictures akun biasa saya yang username-nya dm, lalu merubah file ownership-nya. Untuk memindahkan folder Pictures dari akun root ke akun biasa caranya adalah anda login dulu sebagai root, ketikkan perintah su - lalu masukkan password root-nya, setelah itu ketikkan perintah berikut mv /root/Pictures /home/nama_user_anda/Pictures nanti folder Pictures-nya berserta semua file yang terdapat di dalamnya akan dipindahkan, nah jika anda ingin agar folder Pictures-nya ada lagi anda buat saja lagi folder Pictures-nya menggunakan perintah mkdir Pictures.


Selanjutnya adalah merubah ownership folder Pictures tersebut dan semua file yang terdapat di dalamnya, perintahnya adalah chown -R nama_user_anda:nama_user_anda Pictures contoh, nama user saya adalah dm maka perintahnya adalah chown -R dm:dm Pictures setelah itu silahkan cek folder ownership-nya menggunakan perintah ls -l (huruf L kecil), dan untuk mengecek ownership file-file didalamnya perintahnya adalah ls -l Pictures. Untuk keluar dari akun root anda ketikkan saja perintah exit.


1 komentar:

  1. Saat login kok gak bisa, gmn caranya ut login sementara username dan pasword root dah benar (autentikasi failure)

    BalasHapus