Kamis, 28 Maret 2013

Cara Menghitung Harga Pemakaian Listrik Sebuah Perangkat Elektronik Per Bulan



Komputer saya menggunakan speaker 2.1 merek Logitech yaitu Logitech Z103, dari keterangan di dusnya, RMS-nya adalah 17 watt, RMS subwoofer-nya 9 watt dan RMS total kedua speaker satelitnya adalah 8 watt. Nah, tadi saya penasaran kalau saya cuma memasang speaker satelit-nya saja langsung ke komputer, berapa banyak sih uang yang saya hemat dalam sebulan ? Saya menggunakan komputer hampir tiap hari, dan dalam sehari kira-kira komputer saya menyala sekitar 16 jam. Setelah browsing-browsing saya pun akhirnya tahu bagaimana cara menghitungnya, 9 watt itu = 0.009 kWh, cara menghitungnya adalah 9 watt dibagi 1000, dan harga 1 kWh itu menurut artikel yang saya baca disini adalah 605 rupiah (rumah saya kalau tidak salah menggunakan daya 900 VA). Jika saya menggunakan speaker-nya selama 16 jam sehari, maka untuk 1 bulan biaya yang harus saya keluarkan adalah 0.009 x 605 x 16 x 30 = Rp. 2,613.6, ternyata saya hanya akan menghemat segitu kalau subwoofer-nya tidak saya pakai, hmm.. kalau gitu saya colokkin lagi ah subwoofer-nya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar