Jumat, 08 Maret 2013

Program Monitoring Bandwidth Di Linux, iftop & Speedometer



Beberapa waktu yang lalu saya meng-install dua buah program untuk monitoring bandwidth di Linux Mint 14 saya, yang pertama kali saya install adalah iftop, program yang ini tidak hanya menampilkan informasi seperti rate dan total size upload / download saja, tapi juga menampilkan daftar host sumber yang melakukan upload / download dan juga daftar host tujuannya. Program yang kedua namanya adalah Speedometer, program yang ini lebih simple, fungsinya hanya menampilkan rate dan total upload / download saja. Baik iftop maupun Speedometer, selain menampilkan informasi berupa angka, kedua program tersebut juga dilengkapi dengan grafis berupa bar. Mana yang paling tepat untuk anda pilih ? menurut saya sih jika anda hanya membutuhkan informasi berapa rate dan total upload / download saja maka Speedometer cocok untuk anda gunakan, tapi jika anda ingin mengetahui apa yang membuat koneksi anda terasa lambat maka iftop cocok anda gunakan karena disitu anda bisa melihat daftar host sumber dan host tujuan yang memakan bandwidth anda.

Untuk meng-install iftop di Ubuntu atau varian distro berbasis Ubuntu lainnya anda bisa menggunakan perintah sudo apt-get install iftop, sedangkan untuk meng-install Speedometer anda bisa menggunakan perintah sudo apt-get install speedometer. Setelah selesai proses install-nya, perintah untuk menjalankan iftop adalah sudo iftop, secara default iftop akan menggunakan satuan ukur rate berupa b (bit), jika anda tidak terbiasa dengan bit maka anda bisa merubahnya ke B (byte), caranya adalah gunakan perintah sudo iftop -B untuk menjalankan programnya.

Sedangkan untuk menjalankan Speedometer perintahnya adalah speedometer -rx eth0 (untuk monitoring download) dan speedometer -tx eth0 untuk monitoring upload, jika anda ingin menampilkan rate upload dan download dalam satu jendela maka gunakan perintah speedometer -rx eth0 -c -tx eth0.

Berikut ini screenshot tampilan program iftop dan Speedometer yang berjalan di sistem operasi Linux Mint 14:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar