Kamis, 07 Maret 2013

Pilih Hosting Dengan Lokasi Server Di Indonesia Atau USA ?



Perusahaan hosting di Indonesia biasanya suka menawarkan dua pilihan lokasi server, apakah anda ingin lokasi server-nya di Indonesia atau di USA, nah.. mana yang sebaiknya anda pilih ? menurut saya sih sebaiknya anda memilih lokasi server yang sesuai dengan lokasi target pengunjung anda, jika situs anda menggunakan Bahasa Indonesia maka otomatis nantinya pengunjung yang datang ke situs anda adalah pengunjung dari Indonesia, sebaliknya jika anda menggunakan Bahasa Inggris maka mayoritas pengunjung situs anda nantinya akan datang dari luar negeri yang mayoritas penduduknya menggunakan Bahasa Inggris seperti Amerika Serikat (USA). Hal ini bukan semata karena faktor logika "lebih dekat lokasi server-nya maka lebih cepat waktu aksesnya", tapi juga karena pertimbangan apakah nantinya situs anda selalu dapat diakses dari suatu negara atau tidak, berikut ini saya ceritakan kepada anda apa yang saya maksud dengan kalimat "selalu dapat diakses dari suatu negara atau tidak".

Saya menggunakan koneksi internet dari sebuah provider selular CDMA, saya sebut inisialnya saja yaitu S. Selama saya menggunakan layanan koneksi internet S ini beberapa kali saya mengalami kejadian tidak bisa membuka situs-situs luar, jadi hanya situs-situs yang saya tahu lokasi server-nya di Indonesia saja yang bisa saya buka seperti Detik.com atau Kaskus.co.id. Gangguan akses koneksi ke luar negeri ini biasanya terjadi cukup lama (walaupun tidak sampai seharian penuh). Entah karena apa kok bisa terjadi seperti itu, dugaan saya sih mungkin ISP S ini kehabisan bandwidth luar negeri, entahlah saya tidak paham teknisnya. Coba anda bayangkan jika ternyata banyak pengunjung situs anda yang juga menggunakan provider S, bukan hanya saya seorang saja, anda tentu juga akan kehilangan traffic bukan ? kalau hanya belasan atau puluhan mungkin tidak akan terasa, tapi kalau ratusan atau ribuan tentu akan merugikan anda, apalagi kalau terjadinya sering.

Berdasarkan pengalaman yang saya ceritakan di atas lah kenapa saya merekomendasikan anda untuk memilih lokasi server yang sesuai dengan lokasi target pengunjung anda. Setelah menentukan lokasi server hal selanjutnya yang harus anda cari tahu adalah kejelasan dimana perusahaan hosting tersebut menempatkan server-nya, apakah di data center, gedung sendiri, ruko atau rukan. Cari tahu bagaimana spesifikasi tempat penyimpanan server-nya, apakah memiliki backup listrik yang memadai atau tidak, pelajari juga hal-hal lainnya seperti keamanan akses ke lokasi server dan seberapa sering mereka melakukan backup data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar