Rabu, 06 Maret 2013

Perbedaan Bit & Byte Serta Cara Penulisan Simbol Hurufnya



Terinspirasi dari kebingungan saya ketika tadi membandingkan 2 program untuk memonitor traffic jaringan di Linux Mint yaitu program iftop dan Speedometer yang memperlihatkan rate download dan upload yang berbeda, akhirnya saya pun menulis artikel ini. Ternyata masalahnya adalah pada iftop secara default rate ditampilkan dalam satuan bit, sedangkan pada Speedometer ditampilkan dalam satuan byte. Bit dan byte itu berbeda cara penulisannya, saya sudah tahu tentang hal itu tapi suka kebalik mana simbol yang bit dan mana simbol yang byte. Bit dituliskan dengan simbol huruf b kecil (b), sedangkan byte dituliskan dengan simbol huruf b besar (B), jadi kalau kilobit maka simbol penulisannya adalah kb, sedangkan kilobyte simbol penulisannya adalah kB, begitu pun seterusnya, megabit dituliskan dengan simbol Mb dan megabyte dituliskan dengan simbol MB.

Dalam dunia komputer bit itu adalah satu unit informasi yang nilainya berupa 0 atau 1, sedangkan korelasinya dengan byte adalah; 1 byte itu sama dengan 8 bit, jadi jika suatu saat anda berniat berlangganan koneksi internet di salah satu ISP dan pelayannya mengatakan kecepatan koneksinya up to 512 kbps, itu artinya 512 kilobits per second, atau 512 / 8 = 64 kBps (kilobytes per second).

Saya rasa banyak orang yang tidak sadar akan hal tersebut, soalnya saya yakin pengguna komputer itu lebih familiar dengan byte dibandingkan bit karena mereka sering melihatnya sebagai satuan ukur sebuah file di komputer mereka, dan ketika mereka melihat atau mendengar kata atau tulisan 512 kbps, dalam bayangan mereka kecepatan koneksinya dalam satu detik bisa men-download data sebesar 512 kilobyte, padahal tidak begitu adanya seperti yang telah saya terangkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar