Kamis, 28 Maret 2013

Cara Memperbaiki Tabulet Tabz Z1S Yang Tidak Bisa Masuk Menu Dengan Cara Factory Reset Di Android System Recovery



Dulu saya membeli tablet Android ICS murah meriah merek Tabulet yaitu Tabz Z1S, dulu saya beli dengan harga kurang dari 700 ribu rupiah (harga diskon). Hanya pada awal-awal saja sih saya sering menggunakan tablet tersebut, kesininya sih hanya kadang-kadang saja. Nah.. beberapa hari yang lalu pada saat saya nyalakan tabletnya dari kondisi mati, kok booting-nya lama sekali, tidak seperti biasanya, tampilannya terus berada di tampilan logo Android dan tidak bisa masuk menu login untuk masuk ke tampilan home screen. Dulu saya pernah browsing-browsing dan masalah seperti itu dikenal dengan istilah bootloop. Beberapa hari yang lalu saya sempat men-download firmware-nya di situs Tabulet, niatnya sih mau saya flash ulang, tapi tadi pas browsing-browsing lagi saya menemukan cara lainnya yaitu dengan cara reset ke setelan pabrik (factory reset) melalui menu Android System Recovery.

Karena dikembalikan ke setelan pabrik maka aplikasi-aplikasi yang pernah saya install hilang semua, termasuk settingan-settingan Android-nya, jadi benar-benar dikembalikan ke setelan awal seperti ketika pertama kali saya buka dus lalu nyalakan tabletnya. Namun setelah saya cek melalui aplikasi Explorer, data-data yang tersimpan di Internal Memory seperti ebook, gambar, video dan musik ternyata masih utuh.

Sebelum membaca lebih lanjut perlu rasanya saya menulis pernyataan bahwa saya (penulis artikel ini) tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat anda melakukan factory reset di tablet Tabulet Tabz Z1S anda termasuk terjadinya kehilangan data, jika anda melanjutkan membaca artikel ini berarti anda setuju dengan pernyataan yang saya cetak tebal di atas.

Sebelum melakukan factory reset pastikan tablet anda dalam keadaan mati dan baterainya dalam keadaan penuh. Berikut ini saya share dengan anda bagaimana cara saya tadi melakukan factory reset di tablet Android ICS Tabulet Tabz Z1S saya:

Cara Masuk Ke Menu Android System Recovery

Tekan dan tahan tombol volume (-) lalu sesaat setelah anda tekan tombol tersebut anda tekan dan tahan tombol power, tekan terus dua-duanya hingga anda melihat logo TABZ muncul di layar, pada saat anda melihat logo TABZ muncul lepaskan tombol power-nya, tapi tombol volume (-) tetap anda tekan hingga muncul gambar robot Android tidur yang ada tanda serunya seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Selanjutnya tekan dan tahan tombol power lalu tekan dan tahan tombol volume (+) hingga muncul tampilan menu Android System Recovery seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Pada tampilan menu Android System Recovery tersebut tombol volume (-) anda akan berubah fungsi menjadi tombol panah ke bawah, tombol volume (+) berubah fungsi menjadi tombol panah ke atas, dan tombol power berubah fungsi menjadi tombol enter.

Cara Melakukan Factory Reset

Sekarang cara melakukan factory reset, tekan tombol volume (-) anda beberapa kali hingga menu yang aktif berada di menu wipe data/factory reset, lalu tekan tombol power, nanti akan muncul tampilan konfirmasi seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Jika anda yakin akan melakukan factory reset pada tablet Tabulet Tabz Z1S anda maka pilih menu Yes -- delete all user data lalu tekan tombol power untuk mengeksekusinya.

Proses factory reset ini tidak berlangsung lama, seingat saya sih hanya berlangsung beberapa detik saja, tidak sampai 1 menit, berikut ini tampilan ketika proses factory reset-nya selesai:


Selanjutnya pilih menu reboot system now untuk me-restart tablet anda, nah pada saat booting pertama kali ini memakan waktu yang cukup lama, anda tunggu saja.. mungkin sekitar 2 - 5 menit ya.. dan berikut ini tampilan pada saat masuk menu home screen nya, sama kan seperti tampilan pada saat pertama kali anda buka dus dan menyalakan tabletnya ?


5 komentar:

  1. Terima kasih sobat atas pencerahannya

    BalasHapus
  2. saya udah coba tombol (-) dan power bersamaan tapi malah muncul logo tabulet bukan android tidur..
    mohon pencerahan..

    BalasHapus
  3. trims, ilmunya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. mantap bang sya sna sini cari akhirnya nemu good bang trmksh pencerhannya.

    BalasHapus