Kamis, 28 Maret 2013

Cara Install Applet Di Linux Mint (Cinnamon)



Setelah pada artikel sebelumnya saya membahas tentang apa itu applet dan desklet, di artikel kali ini akan saya ajarkan kepada anda bagaimana caranya meng-install sebuah applet di sistem operasi Linux Mint anda yang menggunakan Cinnamon. Versi Linux Mint yang saya gunakan adalah Linux Mint 14, dan pada contoh ini saya akan meng-install sebuah applet bernama Network Speed Monitor yang fungsinya sesuai namanya tentunya yaitu memonitor kecepatan traffic jaringan. Silahkan download dulu file applet-nya lalu anda ekstrak, lalu copy folder bernama netspeed@adec yang ada di dalamnya, kemudian klik File System lalu buka folder usr > share > cinnamon, lalu klik kanan di folder applets kemudian pilih menu Open as Root, silahkan ketikkan password root anda, lalu paste-kan folder yang tadi anda copy.

Applet Network Speed Monitor ini membutuhkan library gir1.2-gtop-2.0 ter-install di sistem operasi Linux Mint anda, untuk meng-install-nya silahkan buka aplikasi Terminal anda lalau ketikkan perintah sudo apt-get install gir1.2-gtop-2.0 lalu masukkan password anda.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan applet-nya, caranya anda klik Menu di pojok kiri bawah lalu pilih menu Cinnamon Settings yang bergambar roda gerigi, lalu klik menu Applets, kemudian centang pada pilihan Network Speed Monitor seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Jika tampilan applet Network Speed Monitor-nya tidak muncul di panel anda, silahkan restart Cinnamon anda, caranya tekan tombol ALt+F2 di keyboard anda, lalu ketikkan huruf r pada form yang muncul lalu Enter. Berikut ini tampilan applet Network Speed Monitor di komputer Linux Mint 14 saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar