Sabtu, 23 Maret 2013

Cara Kirim & Baca SMS Melalui Modem Di Komputer Linux



Beberapa hari belakangan ini saya mulai menggunakan kembali modem HSDPA Sierra Wireless Compass 885 saya yang sudah lama sekali tidak saya gunakan. Nah.. karena sekarang saya menggunakan Linux Mint, maka saya tidak bisa meng-install driver dan software Sierra AirCard Watcher nya karena memang tidak tersedia untuk sistem operasi Linux. Tapi untungnya Linux Mint 14 saya bisa mengenali modem tersebut jadi tidak perlu meng-install driver lagi, tapi karena Sierra AirCard Watcher nya tidak bisa di-install maka saya tidak bisa mengirim atau membaca SMS langsung dari modem-nya, hingga akhirnya tadi saya menemukan solusinya yaitu menggunakan program gammu (CLI) dan wammu (GUI). Berikut langkah demi langkah bagaimana caranya supaya anda bisa mengirim dan membaca SMS langsung dari modem anda di sistem operasi Linux Debian dan distro turunannya seperti Linux Mint dan Ubuntu.

Colokkan modem USB anda tapi jangan di-ON-kan pada jendela Network Setting nya seperti yang bisa anda lihat pada screenshot gambar di bawah ini, jadi hanya anda colokkan saja modem-nya tanpa di-ON kan.


Buka halaman ini, klik pada link nama perusahaan pembuat modem anda, setelah terbuka halamannya cek apakah modem anda terdaftar disitu ? jika iya anda catat isian pada kolom Connection nya.

Install program gammu dan wammu menggunakan perintah apt-get install gammu wammu pada aplikasi Terminal anda.

Sambil menunggu proses download dan instalasi selesai, buka jendela Terminal lainnya lalu ketikkan perintah dmesg|grep tty nanti akan muncul sederet informasi, anda kenali nama modem anda lalu ingat-ingat range ttyUSB* nya, misalkan pada kasus saya range-nya adalah dari ttyUSB0 - ttyUSB6.


Setelah instalasi gammu dan wammu selesai, ketikkan perintah gammu-config lalu langsung anda Save saja ketika melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, nanti dokumen config-nya akan disimpan di: /home/nama_user_anda/.gammurc


Selanjutnya anda buka file .gammurc nya menggunakan perintah gedit .gammurc nanti akan terbuka file-nya di program gedit, anda cari bagian dengan tulisan port = /dev/mobile lalu ganti tulisan mobile nya ke ttyUSB0 dan ganti juga isian pada connection = ke informasi connection modem yang anda catat tadi pada langkah sebelumnya, setelah itu silahkan Save dokumennya tapi jangan ditutup dulu.

Selanjutnya anda tes menggunakan perintah sudo gammu getallsms lalu masukkan password anda, jika yang keluar adalah pesan No response in specified timeout. Probably phone not connected. maka anda ganti lagi tulisan /dev/ttyUSB0 di program gedit tadi ke /dev/ttyUSB1 lalu Save dan tes lagi menggunakan perintah sudo gammu getallsms jika keluar pesan seperti tadi ganti lagi ttyUSB1 nya ke ttyUSB2 lalu Save dan tes lagi menggunakan perintah tadi. Ulangi terus langkah tersebut hingga pesan yang keluar adalah isi SMS yang terdapat di kartu anda (jika ada SMS nya).

Selanjutnya anda ketikkan perintah sudo wammu lalu masukkan password anda, nanti akan muncul tampilan program wammu nya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Klik menu Phone > Connect untuk menghubungkan modem anda, setelah tersambung sekarang coba anda tes dengan mengirimkan sebuah SMS, caranya klik menu Create > Message lalu centang pada pilihan Send message, masukkan nomor tujuan ke bagian Recipient's numbers lalu ketikkan pesannya ke kotak di atas tombol Style seperti contoh yang terlihat pada gambar di bawah ini, klik OK untuk mengirimkan SMS nya.


Tunggu beberapa saat hingga SMS-nya sukses terkirim, selanjutnya untuk me-load SMS-SMS yang masuk caranya anda klik menu Retrieve > Messages. Ini sih saya rasa kekurangan dari program wammu ini, programnya tidak bisa otomatis menerima SMS yang masuk, jadi harus kita klik menu Retrieve > Messages, tapi lumayan lah jika digunakan untuk mengirim SMS sekali-kali, seperti cek pulsa atau cek sisa kuota internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar