Sabtu, 23 Maret 2013

Cara Monitor Suhu CPU, Kecepatan Fan & Voltase Di Linux Mint Melalui Program GUI & Perintah Command Line



Dalam settingan default-nya, di Linux Mint 14 anda bisa me-monitor suhu CPU anda baik melalui program GUI maupun melalui Terminal. Untuk me-monitor suhu CPU melalui program GUI caranya anda buka Menu > Administration > System Information, kemudian klik menu Sensors di bagian Devices. Sedangkan kalau anda ingin me-monitor suhu CPU-nya melalui Terminal, caranya anda ketikkan perintah watch -n 1 -d sensors. Gambar screenshot di bawah ini memperlihatkan bagaimana tampilan informasi suhunya yang saya monitor baik melalui program System Information maupun melalui Terminal.


Secara default informasi yang ditampilkan hanya suhu CPU saja, nah sekarang bagaimana jika anda ingin melihat informasi lainnya seperti kecepatan fan CPU dan voltasenya, caranya anda ketikkan perintah sudo sensors-detect kemudian masukkan password-nya lalu anda jawab pertanyaan-pertanyaannya.

Hampir semua pertanyaannya saya jawab dengan y (yes) kecuali pada pertanyaan berikut ini karena ada kata risky (beresiko) nya:

Lastly, we can probe the I2C/SMBus adapters for connected hardware
monitoring devices. This is the most risky part, and while it works
reasonably well on most systems, it has been reported to cause trouble
on some systems.


Do you want to probe the I2C/SMBus adapters now? (YES/no):

Kemudian pada pertanyaan berikut:

Do you want to add these lines automatically to /etc/modules? (yes/NO)

Saya jawab y (yes) pada pertanyaan tersebut, artinya saya mengijinkan program tersebut untuk menuliskan beberapa baris module ke file /etc/modules untuk di-load pada saat booting.

Setelah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaannya sekarang anda restart komputer anda, lalu buka lagi program System Information nya atau ketikkan lagi perintah watch -n 1 -d sensors di aplikasi Terminal anda, nanti akan muncul informasi suhu CPU, kecepatan fan dan voltasenya seperti yang bisa anda lihat pada gambar screenshot di bawah ini:



Saya pribadi sih lebih senang me-monitor-nya melalui aplikasi Terminal, kenapa ? karena kalau melalui Terminal setiap perubahan nilai yang terjadi akan diberi tanda highlight, jadi lebih gampang me-monitor-nya.

1 komentar: