Kamis, 28 Maret 2013

Apa Itu Applet & Desklet Di Linux ?



Salah satu hal yang saya pelajari hari ini adalah applet dan desklet, tadi kebetulan saya meng-install sebuah applet di Linux Mint 14 yang saya gunakan dimana OS tersebut desktop editor-nya menggunakan Cinnamon. Nah pada saat membuka halaman katalog download applet nya saya menemukan ada juga halaman download lainnya yaitu desklet. Apa sih applet dan desklet itu ? Applet dan desklet memiliki persamaan dan perbedaan, persamaannya dua-duanya boleh dibilang merupakan program mini, nah yang membedakannya adalah lokasi dimana dia berjalan, kalau applet dia berjalan di panel / taskbar, sedangkan desklet dari namanya juga tentu anda sudah bisa menebaknya bukan dia berjalan dimana ? ya.. desklet berjalan di desktop, seperti widget atau gadget lah kalau di Windows.

Berikut ini saya share contoh tampilan applet di Linux Mint, applet yang terlihat di bawah ini namanya adalah Virtualbox Launcher, fungsinya adalah untuk memudahkan kita dalam mengakses OS-OS yang kita install di VirtualBox.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar