Rabu, 13 Maret 2013

Cara Agar Perangkat USB Bisa Terbaca Oleh OS Guest Di VirtualBox



Tadi sore saya mengutak-atik salah satu OS guest yang saya install di VirtualBox 4.2.8 saya yaitu Windows 8, kemarin saya sudah install Guest Additions tapi tetap saja perangkat USB saya seperti flashdisk dan TV tuner USB tidak terbaca. Nah setelah browsing-browsing akhirnya saya menemukan juga solusinya, hal pertama yang saya lakukan adalah men-download Extension Pack untuk VirtualBox-nya, setelah selesai download-nya lalu saya install melalui menu File > Preferences > Extensions di jendela Oracle VM Virtual Manager. Waktu itu sambil menunggu download selesai saya juga menambahkan username saya ke grup vboxusers menggunakan perintah command line sudo adduser dm vboxusers (dm adalah username saya di komputer Linux Mint 14 yang saya gunakan).


Setelah Extension Pack ter-install dan username saya sudah terdaftar di grup vboxusers, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah me-restart komputer saya, setelah itu langkah selanjutnya adalah saya klik kanan di sistem operasi Windows 8 nya lalu saya pilih menu Settings > USB, disitu saya centang pilihan Enable USB 2.0 (EHCI) Controller, lalu saya add TV tuner USB saya yaitu Gadmei USB TV Box melalui icon menu Add Filter From Device.


Agar dapat membaca flashdisk ketika dicolokkan ke komputer, saya klik kanan icon menu bergambar colokkan USB pada deretan menu jendela VirtualBox di pojok kanan bawah ketika sistem operasi Windows 8 nya sudah berada pada tampilan Start screen atau Desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar