Rabu, 13 Maret 2013

TV Tuner Gadmei UTV380 & Aplikasi TVHome Media2 Tidak Mengeluarkan Suara Di Windows 8



Setelah tadi saya sukses membuat perangkat USB nya bisa dikenali di OS guest Windows 8 di VirtualBox saya, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah meng-install driver TV tuner Gadmei UTV380 nya beserta aplikasinya yaitu TVHome Media2, setelah ter-install saya pun melakukan scanning channel, setelah ketemu channel-channel nya lalu saya tes, gambar sih muncul tapi kok tidak ada suaranya ya ? tadinya saya pikir ada yang salah dengan setting-an VirtualBox-nya, namun setelah saya tes dengan melihat sebuah video di YouTube ternyata bisa mengeluarkan suara kok video YouTube-nya, jadi yang salah adalah entah driver-nya atau aplikasi TVHome Media2 nya. Saya pun sempat browsing-browsing dan menemukan ternyata bukan saya saja yang mengalami kasus yang serupa, di salah satu thread forum diskusi lokal saya pun menemukan beberapa orang yang mengalami masalah yang sama. Dari thread itu pun saya mendapatkan informasi bahwa masalah suara yang tidak muncul tersebut bisa diatasi dengan cara menggunakan program lain yaitu Daum PotPlayer, saya download program tersebut lalu saya tes, dan ya sekarang TV tuner-nya bisa mengeluarkan suara.


Cara Cari Channel TV Di Program Daum PotPlayer

  1. Buka program, klik kanan di layar lalu pilih menu Open > Analog TV.
  2. Pada panel di bagian bawah program, klik tulisan Channel lalu klik tombol Channel Management yang muncul.
  3. Pada jendela Channel Management yang muncul, pilih Analog TV pada pilihan Device Type lalu klik tombol Au.search, nanti akan muncul jendela kecil dengan judul Search Channels. Biarkan saja Channel range nya pada setting-an default-nya yaitu dari 1 sampai 368, lalu anda klik tombol Start untuk mulai melakukan pencarian channel TV, proses ini memakan waktu sekitar 10 menitan.
  4. Setelah selesai proses pencarian channel TV nya sekarang anda klik satu persatu channel yang ditemukan, lalu hapus channel yang duplikat menggunakan tombol Delete di bagian bawah, hati-hati jangan sampai meng-klik tombol Delete dua kali, nanti channel yang dibawahnya malah terhapus.
  5. Untuk memberi nama pada sebuah channel caranya anda klik channel-nya lalu ketikkan nama channel TV nya pada form isian Ch. title.
  6. Setelah beres alias tidak ada channel yang duplikat dan sudah diberi nama semua channel TV nya sekarang klik tombol OK untuk menutup jendela Channel Management nya.
Berikut ini gambar screenshot yang memperlihatkan daftar channel TV yang berhasil saya temukan:


Nah nanti setiap kali anda menjalankan program Daum PotPlayer ini, anda harus klik kanan dulu di layar lalu pilih menu Open > Analog TV, terus klik pada tulisan Channel di panel bawah program untuk memilih channel TV yang ingin anda tonton.

O ya.. program Daum PotPlayer ini terasa agak berat dijalankan di Windows 8 saya, tampilan gambarnya suka telat dibandingkan suaranya, apa karena saya menjalankan Windows 8 nya melalui VirtualBox ya ? buat anda yang sudah mencoba program Daum PotPlayer ini silahkan share bagaimana programnya berjalan di komputer anda ? berat atau tidak ? supaya pembaca lainnya bisa memperoleh gambaran yang jelas mengenai performa program ini. Akan lebih informatif lagi kalau anda juga men-share spesifikasi komputer anda, terima kasih sebelumnya :)

21 komentar:

  1. tolong jelaskan cara kerjanya kalo memang bisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya update artikelnya, silahkan diikuti cara mencari channel-nya

      Hapus
  2. dimana letak tulisan chanelnya? gak ada !!

    BalasHapus
  3. bisa buat radio fm juga kaya di driver bawaan gag gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada kayaknya gan, saya barusan cari-cari gak nemu ada FM radio tuh

      Hapus
  4. Trims gan sharingnya... sudah terunduh dan terinstall ... awalnya menjalankan Daum PotPlayer terasa berat di windows 8 pro original di laptop saya ( Laptop SMK Zyrex B10 ) tapi setelah memori saya upgrade menjadi 4 gb... semuanya berjalan mulus... serasa nonton siaran di tv sungguhan apalagi ditunjang dengan menggunakan antena outdoor khusus televisi... nonton bola jadi tambah seru...

    BalasHapus
  5. Pake KMPlayer bisa gan., ane udah coba sendiri kok. setupnya hampir sama dengan POTDaum player..

    cuma ane lebih suka gambarnya lebih bagus pake KMPlayer

    BalasHapus
  6. tombol channelnya kaga ada,, KM player settingnya gimana yah?

    BalasHapus
  7. setting tv tuner gadmei di KM Player seperti apa caranya gan?

    BalasHapus
  8. pake DP bisa merekam siaran gak om kalo bis caranya gmna?

    BalasHapus
  9. kok channel range punya gw kalo pake setingan "antenna" cuma 2-69 doang gak bisa ditambah, kalo diset "cable" bisa 1-158, caranya gimana gan biar nambah range channel kalo pake antenna.

    BalasHapus
  10. cara masukkin channel manual gimana ya?

    BalasHapus
  11. gan kalau pux master tv home media 3 ,tlg di posting ya,..........

    BalasHapus
  12. mas bro...saya sudah selesai pasang Daumpotplayer nya... gambar dan suara sudah sip punya dah..tapi ada masalah yg lain nih... remote nya kok nggak bisa di gunakan ya..? cara setelnya gimana masbro..? mohon pencerahannya...entar gua bilang ganteng dah..hehehe..

    BalasHapus
  13. mas boleh tanya nggak.,
    saya sudah instal tv tunernya.,
    trus saya nyari chanel kok nggak bisaya.,gimana tuh bang.,
    boleh kasih jawabannya nggak
    instal udh slese.,smua., udh smpe., DTV,,,, ATV,,, FM Radio., trus gmn bang., sudah saya klik., ATV., trus muncul paling kanan., auto., trus gmn bang.,
    tolong jawabannya.,
    makasih

    BalasHapus
  14. iya ya kok remote control nya ga bisa digunakan ya? bisa bantu kah???
    thx ya sebelum nyaa :)

    BalasHapus
  15. PLEASEE .. dapet driver gadmei utv380 dimana ya gan ?
    sudah cari di berbagai sumber belum ada d dapet, barangkali ada yang tau gan?:(

    BalasHapus
  16. cd nya hilang apakah bisa di instal min ?

    BalasHapus