Kamis, 28 Maret 2013

Cara Membuat Page Di Blogger, Apa Bedanya Page & Post ?



Tahukah anda bawah di Blogger itu ada 2 jenis halaman yang bisa anda buat ? yang pertama adalah Post dan yang kedua adalah Page ? apa sih bedanya Page dan Post ini ? Tadi saya membandingkan tampilan editor Page dan Post, perbedaan yang saya lihat di Page itu fitur editornya lebih sedikit, di Page saya tidak melihat adanya fitur Labels, Schedule, Permalink dan Location, semua fitur tersebut ada kalau di editor Post. Dari hasil browsing-browsing tadi, beberapa informasi yang saya dapatkan mengenai perbedaan Page dan Post ini adalah, halaman Page tidak menampilkan informasi tanggal publikasi, Page tidak akan disertakan di RSS feed dan tidak akan ikut ter-export jika suatu saat anda mem-backup blog anda.

Jadi mana yang paling tepat anda pilih, Post atau Page ? jika anda ingin halamannya memiliki tanggal dan disebarkan melalui RSS feed maka anda harus memilih Post karena Page tidak memiliki fitur tersebut. Page ini lebih cocok anda gunakan untuk membuat halaman-halaman seperti About Us, Contact Us dan semacamnya.

Cara membuat Page di Blogger adalah sebagai berikut:

Di halaman dashboard akun Blogger anda silahkan klik tombol panah ke bawah di samping blog yang ingin anda buat halaman Page-nya, lalu pilih menu Pages seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Setelah halaman Pages-nya muncul, klik tombol New page > Blank page seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Nanti akan muncul tampilan editor Page-nya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Dan berikut ini tampilan editor Post, berbeda kan dengan editor Page di atas ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar