Sabtu, 16 Februari 2013

Cara Install Apache, PHP & MySQL Di Linux Mint 14 Menggunakan Command Line



Perintah untuk meng-install Apache
Setelah meng-install Netbeans, hal lainnya yang saya lakukan di komputer Linux Mint 14 saya hari ini adalah meng-install Apache, PHP dan MySQL. Tadinya saya mau melakukannya dengan cara biasa seperti yang saya lakukan di Windows yaitu menggunakan XAMPP (sebuah paket installer yang didalamnya telah terdapat Apache, PHP, Perl, MySQL, phpMyAdmin dan lain sebagainya), tapi setelah dipikir-pikir kenapa tidak menggunakan command line saja, sekalian belajar supaya tahu caranya jika suatu saat saya diharuskan meng-install secara manual Apache, PHP dan MySQL pada sebuah server Linux. Caranya tidak terlalu rumit kok, berikut ini saya share step-by step caranya:
Hal pertama yang saya lakukan adalah meng-install Apache, berikut perintahnya: sudo apt-get install apache2

Selanjutnya setelah selesai meng-install Apache, saya meng-install PHP, berikut perintahnya: sudo apt-get install libapache2-mod-php5 php5

Dan yang terakhir adalah meng-install MySQL, berikut perintahnya: sudo apt-get install mysql-server libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql

Hal selanjutnya yang saya lakukan setelah meng-install Apache, PHP dan MySQL adalah memindahkan DocumentRoot Apache-nya, hal ini akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar