Minggu, 17 Februari 2013

Cara Memindahkan Lokasi DocumentRoot Apache Di Linux Mint 14



Perintah untuk memindahkan DocumentRoot
DocumentRoot Apache adalah lokasi dimana kita nantinya menyimpan file-file website yang kita bangun, DocumentRoot ini bisa kita akses melalui browser dengan alamat http://localhost. Nah secara default ketika kita meng-install Apache di Linux Mint, lokasi DocumentRoot nya berada di File System > var > www, kalau tidak dipindahkan lokasinya maka hal ini nantinya akan banyak merepotkan kita pada saat membangun sebuah website karena untuk membuat folder saja di dalam folder File System > var > www tersebut kita harus login sebagai root. Untuk itu saya memindahkan lokasi DocumentRoot nya ke lokasi baru yaitu Home > www, berikut cara yang saya lakukan untuk memindahkan lokasinya:

Buka aplikasi Terminal kemudian ketikkan perintah sudo gedit /etc/apache2/sites-available/default lalu masukkan password root anda, nanti akan muncul aplikasi gedit nya.

Selanjutnya anda cari baris yang ada tulisan DocumentRoot /var/www seperti yang bisa anda lihat pada contoh gambar di bawah ini:

Lokasi default DocumentRoot
Ganti baris tersebut ke lokasi baru, sebagai contoh saya menggantinya ke lokasi /home/dm/www seperti yang bisa anda lihat pada contoh gambar di bawah ini, dm adalah nama user akun Linux Mint saya, silahkan ganti tulisan dm tersebut ke nama user akun Linux Mint anda.

Lokasi baru DocumentRoot
Setelah anda selesai melakukan perubahan silahkan save dokumennya lalu tutup, sekarang kembali lagi ke Terminal, untuk mengaktifkan perubahan anda harus me-restart Apache anda, berikut perintahnya: sudo /etc/init.d/apache2 restart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar