Kamis, 07 Februari 2013

Apa Itu URL Forwarding ?



URL forwarding Dalam dunia nama domain, ada sebuah istilah yang disebut dengan URL forwarding, buat anda yang tidak tahu apa itu artinya, URL forwarding itu artinya adalah mengalihkan seseorang yang mengunjungi sebuah nama domain ke alamat lain, kebetulan tadi saya mem-forward nama domain saya yang tidak terpakai yaitu dwimurdianto.com ke halaman profil Google+ saya yang beralamat di https://plus.google.com/104682091958535534653/ jadi sekarang jika seseorang membuka alamat dwimurdianto.com di browser mereka maka secara otomatis mereka akan dialihkan ke alamat profil Google+ saya. Perusahaan registrar yang saya gunakan adalah Name.com, dan pada menu settingan URL forwarding-nya saya bisa mengatur apakah saya ingin mem-forward domain, subdomain atau keduanya, saya juga bisa mengatur judul halaman, mengatur tipe forwarding-nya apakah Masked atau 301/301 redirect, dan mengatur settingan meta tags-nya. Tadinya saya ingin menggunakan tipe forwarding Masked, namun setelah saya coba ternyata ketika saya buka nama domainnya di browser halamannya terlihat blank putih saja, sepertinya Google tidak mengijinkan halaman Google+ ditampilkan dalam bentuk frame. Jadi bedanya Masked dan Non Masked (301/302 redirect) itu kalau yang Masked target alamat yang dituju akan ditampilkan dalam bentuk frame, ini dilakukan supaya nama domain kita di address bar tidak berubah ke alamat lain, tetapi halaman yang ditampilkan adalah halaman alamat lain, kalau yang Non Masked nama domain dan halaman akan berubah ke target yang dituju.


1 komentar: