Senin, 28 Januari 2013

Cara Agar Windows Server 2012 Bisa Tampil Fullscreen Di VirtualBox



Meng-install VirtualBox Guest Additions di Windows Server 2012 Masih tentang Windows Server 2012 dan VirtualBox, kali ini yang ingin saya share adalah bagaimana caranya supaya tampilan Windows Server 2012 bisa fullscreen di VirtualBox. Sewaktu pertama kali saya mencoba mengganti mode tampilannya ke fullscreen dengan cara menekan tombol shortcut CTRL (sebelah kanan) dan F secara bersamaan, jendela programnya memang berubah menjadi fullscreen tapi ukuran tampilan Windows Server 2012-nya tidak berubah, jadi kotak saja di tengah tampilan Windows Server 2012-nya itu. Nah ternyata agar bisa benar-benar fullscreen tampilannya kita harus meng-install Guest Additions dulu. Untuk meng-install Guest Additions anda klik menu Devices > Install Guest Additions, setelah itu anda buka Windows Explorer lalu buka isi CD-ROM-nya, disitu ada beberapa pilihan, untuk Windows Server 2012 anda klik yang VboxWindowsAdditions-amd64, setelah itu install seperti biasa lalu setelah beres anda restart Windows Server 2012-nya.

Setelah selesai restart dan login lagi, sekarang anda klik menu View > Switch to Fullscreen, nanti akan muncul jendela kecil berisi informasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, klik tombol Switch untuk pindah ke mode tampilan fullscreen, bagaimana sekarang ? apakah layarnya sekarang benar-benar fullscreen ?

Jendela kecil yang muncul sebelum pindah ke mode tampilan fullscreen di VirtualBox

untuk pindah lagi ke mode tampilan semula anda arahkan cursor mouse anda ke bagian tengah-bawah layar, nanti akan muncul menu-menunya disitu, klik lagi menu View > Switch to Fullscreen untuk kembali ke tampilan semula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar