Senin, 28 Januari 2013

Cara Membuat File ISO Dari DVD Menggunakan DAEMON Tools Lite



Membuat file ISO menggunakan DAEMON Tools Lite Hal yang biasa saya lakukan ketika membeli sebuah perangkat keras atau peripheral komputer baru yang memiliki CD/DVD driver adalah mem-backup CD/DVD driver tersebut ke harddisk dengan cara membuatnya menjadi file ISO, alasannya kalau CD/DVD itu kan suka hilang, nah kalau di-backup di harddisk saya rasa akan jauh lebih aman. Untuk membuat file ISO ini saya biasa menggunakan sebuah software gratisan bernama DAEMON Tools Lite, selain berfungsi sebagai pembuat disc image (.iso, .mds, .mdx), DAEMON Tools Lite ini juga berfungsi sebagai CD/DVD-ROM virtual, jadi file ISO yang sudah kita buat bisa dijalankan di program itu juga. Cara untuk membuat file ISO dari CD/DVD menggunakan DAEMON Tools Lite ini sangat mudah, pertama anda download dulu software-nya melalui link yang saya share di atas lalu install, setelah itu kalau proses instalasinya meminta komputernya di-restart silahkan restart dulu, kemudian setelah itu anda buka program DAEMON Tools Lite-nya lalu klik menu Make Disc Image seperti yang ditunjukkan oleh panah pada gambar di atas, selanjutnya anda akan melihat jendela dengan tampilan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Ganti jenis file di DAEMON Tools Lite

Klik tombol yang ditunjukkan oleh panah pada gambar di atas, lalu ganti jenis file ekstensionnya di bagian Save as type dari .mdx ke .iso, kemudian pilih lokasi penyimpanan file-nya lalu klik tombol Save. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses disc imaging (membuat file ISO dari DVD anda), nanti kalau sudah selesai dan sukses prosesnya maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini, klik tombol Close untuk menutup jendela tersebut.

Proses pembuatan file ISO dari DVD menggunakan DAEMON Tools Lite selesai


14 komentar:

  1. jika sudah membuat file iso, mis : dari dvd os window 7, apakah file itu bisa untuk menginstall ulang window 7 tsb, jika dvd aslinya hilang. terus apakah daemon juga bisa dipakai sbg drive virtualnya.
    thank jawabannya Bro, terus berkibar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bisa dipakai untuk install ulang, soalnya file ISO nya bisa di-burn lagi ke CD/DVD.

      2. Betul, DAEMON Tools Lite ini memiliki fitur virtual drive jadi file ISO nya bisa dijalankan melalui virtual drive tersebut.

      Hapus
    2. kalau tidak di burn dulu ke cd, tapi disimpan ke harddisk,lalu dipakai install ulang, gimana bro...? apakah bisa?.

      Hapus
    3. Tidak bisa, soalnya file ISO ini kan harus dijalankan di virtual drive, sedangkan kalau install ulang (format ulang) kan komputer kita restart terus masuk ke tampilan khusus (instalasi), artinya si program virtual drive-nya tidak bisa jalan.

      Hapus
    4. siap praktek bro... maklum newbie....thank semua jawabannya, terus berkarya.

      Hapus
    5. Sama2 bro, terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. sudah selesai sih.. pake memory card.. kalo colok di windows yg jalan terbaca kalo isinya windows. tp kalo mau install napa tidak bisa?? hanya sampe pertengahan aku boot windows xp?.. tolong jawabannya bang

      Hapus
  3. gan misalnya kalau mau burning dvd kapasitas yang 8gb gimana? kan rata rata kasitas 4gb, apa nanti dimintain disc baru lagi pas burningnya?

    BalasHapus
  4. suwun gan. sangan membantu kita-kita yang masih newbie

    BalasHapus
  5. gan.......ketika ana menugbah file ke iso....kok disaat 94% muncul tulisan dics imaging failed

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya CD/DVD nya rusak gan, mungkin banyak goresannya

      Hapus