Rabu, 09 Oktober 2013

Beberapa Hal Yang Saya Rasakan Cukup Mengganggu Di Ubuntu 12.04 LTS



Sistem operasi yang saya gunakan di komputer desktop saya saat ini adalah Ubuntu 12.04 LTS, kalau dulu waktu pertama kali beralih ke Linux saya meng-install Linux Mint 14 yang saya jadikan dual-boot dengan Windows 7 Ultimate, nah sekarang tidak dual-boot lagi, hanya ada sistem operasi Ubuntu di komputer desktop saya, jadi sekarang saya sudah full 100% beralih ke Linux, di netbook saya pun sekarang hanya ada 1 sistem operasi yaitu Lubuntu (lupa versi berapa). Adapun kenapa saya memilih Ubuntu 12.04 LTS dibandingkan versi terbarunya waktu itu (Ubuntu 13.04) adalah karena yang LTS ini Long Term Support, artinya support untuk sistem operasi Ubuntu LTS ini jangka waktunya lebih lama dibandingkan yang non-LTS. Nah selama menggunakan Ubuntu 12.04 LTS ini, ada beberapa hal yang saya rasakan cukup mengganggu, berikut hal-hal yang mengganggu tersebut:

Ubuntu 12.04 LTS menggunakan desktop environment yang diberi nama Unity, nah yang saya rasakan cukup mengganggu dari Unity ini adalah pada bagian cara penempatan menu-menu seperti File, Edit, View yang biasanya dimiliki oleh suatu jendela program. Menu-menu tersebut tidak ditampilkan tepat di bagian atas jendela programnya, melainkan ditampilkan di bar Unity yang lokasinya ada di ujung kiri-atas layar monitor kita, jadi jika kita perkecil jendela programnya lalu kita geser lokasinya ke tengah atau bawah, maka untuk mengakses menu-menu tersebut kita harus arahkan mouse kita ke bar Unity yang lokasinya ada di pojok atas, untuk saya pribadi, hal ini cukup mengganggu.

Hal kedua yang saya rasakan cukup mengganggu di Ubuntu 12.04 LTS adalah jendela-jendela program yang tidak bisa mengingat posisi terakhirnya, hal ini bagi saya pribadi terasa cukup mengganggu karena saya seringkali bekerja dengan banyak jendela program dan monitor saya ukurannya cukup besar (21.5 inch), jadi agar kerja menjadi lebih nyaman saya suka mengatur posisi jendela-jendela programnya, namun sayang sekali karena Ubuntu 12.04 LTS ini tidak bisa mengingat posisi terakhir dari jendela-jendela program tersebut maka setiap kali saya nyalakan komputernya dan login, saya harus membuka dan mengatur kembali posisi jendela-jendelanya.

Yang terakhir adalah, kalau saya membuka banyak jendela dalam satu program (contohnya membuka banyak jendela di browser Mozilla Firefox), maka ketika saya klik icon programnya di launch bar Unity, daftar jendela-jendela tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail-thumbnail besar yang menutupi hampir semua bagian layar monitor, untuk saya pribadi hal tersebut terasa kurang efisien, saya lebih suka seperti yang bisa kita temukan di Windows 7 (ditampilkan dalam bentuk thumbnail-thumbnail kecil yang muncul di atas icon program yang kita klik di taskbar). Hal ini sebenarnya sudah diperbaharui di versi Unity yang ada di Ubuntu 13.04, tapi saya belum sempat mencari tahu bagaimana caranya agar fitur tersebut bisa saya terapkan di Unity Ubuntu 12.04 LTS yang saya gunakan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar