Senin, 27 Mei 2013

Daftar Hal Yang Bisa Mengganggu Sinyal WiFi



Tadi saya membaca cukup banyak artikel tentang sinyal WiFi, khususnya tentang hal-hal apa saja yang bisa mengganggu kulitas sinyal WiFi. Walaupun saat ini saya tidak merasa ada masalah dengan sinyal WiFi saya (masih mencukupi untuk kebutuhan saya), tapi sebagai pengetahuan tidak ada salahnya kan mengetahui daftar hal apa saja yang bisa mengganggu kualitas sinyal WiFi kita, berikut ini daftarnya:

  1. Jaringan WiFi tetangga yang menggunakan channel frekuensi yang sama bisa mengganggu sinyal WiFi kita, hal ini bisa kita coba atasi dengan berpindah ke channel frekuensi lain.
  2. Router / access point itu umumnya beroperasi pada range frekuensi 2.4 GHz, nah di dunia ini ada juga perangkat elektronik lainnya yang beroperasi pada range frekuensi yang sama seperti oven microwave, telepon wireless dan perangkat bluetooth. Jadi kalau memungkinkan hindari lah membeli atau menggunakan perangkat-perangkat elektronik yang beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz.
  3. Semua benda yang memiliki permukaan terbuat dari logam bisa memblok sinyal WiFi, termasuk cermin karena cermin itu bagian belakangnya berupa lapisan logam tipis, oleh karena itu sebisa mungkin jauhkanlah benda-benda dengan lapisan logam tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar