Rabu, 29 Mei 2013

Cara Cari Spot Sinyal WiFi Yang Kuat Menggunakan Aplikasi Android WiFi Analyzer



Beberapa hari yang lalu saya meng-install beberapa aplikasi Android yang ada hubungannya dengan networking, salah satu aplikasi yang saya install namanya adalah WiFi Analyzer, saya merasa aplikasi tersebut sangat berguna, makanya saya ingin men-share-nya dengan anda. Ada beberapa hal yang bisa kita cari tahu menggunakan aplikasi WiFi Analyzer ini, yang pertama adalah kita bisa mengetahui pada channel frekuensi berapa router kita beroperasi dan apakah channel tersebut juga digunakan oleh jaringan WiFi tetangga, jika iya maka untuk mengurangi interferensi kita bisa memindahkan channel frekuensi router kita ke channel frekuensi yang kosong. Berikut screenshot tampilan yang memperlihatkan pada channel frekuensi berapa router WiFi saya beroperasi beserta dengan informasi kekuatan sinyalnya (signal strength), karena tetangga saya tidak ada yang menggunakan router / access point di rumahnya, maka hanya ada satu hotspot WiFi saja yang terdeteksi yaitu hotspot WiFi milik saya.


Hal lainnya yang bisa kita lakukan menggunakan aplikasi WiFi Analyzer ini adalah menganalisa kekuatan sinyal WiFi di berbagai spot, jadi kita bisa mencari tahu di spot mana yang sinyal WiFi nya kuat dan di spot mana yang sinyalnya lemah, tampilan aplikasinya seperti di bawah ini, jadi di WiFi Analyzer ini untuk berpindah tampilan anda geser saja layarnya menggunakan jari anda ke kanan atau ke kiri. Pada tampilan ini anda juga bisa mengaktifkan suara indikator kekuatan sinyalnya melalui tombol yang saya tunjukkan menggunakan panah, indikator suaranya berupa suara "beep", jika sinyalnya kuat maka suara "beep" nya akan semakin kencang tempo-nya, sebaliknya jika lemah maka semakin pelan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar