Senin, 13 Mei 2013

BBM Bermasalah, Kirim Pesan Selalu Muncul Tanda Silang



Sudah cukup lama saya tidak mengaktifkan paket BlackBerry di ponsel saya, nah ceritanya hari Minggu malam kemarin tanggal 12 Mei 2013 saya kembali mengaktifkan paket BlackBerry nya, setelah saya selesai melakukan pendaftaran paket dan melihat ada logo BlackBerry muncul di samping tulisan 3G, saya pun lalu mencoba login ke akun YM saya, tapi selalu gagal, beberapa kali saya coba tapi tetap tidak bisa, begitu pun ketika saya cek contact saya di BBM, saya tidak melihat ada perubahan baik itu foto-foto nya atau status-status nya, aneh.. beberapa kali saya melakukan hard reset (matikan ponsel lalu cabut baterai) tapi tetap saja saya tidak bisa login ke akun YM saya dan tampilan contact di BBM nya masih saja sama. Dan salah satu keanehan lainnya adalah biasanya kalau selesai melakukan hard reset itu saya suka menerima pesan dari BlackBerry yang isinya Your handheld has been registered with the wireless network, nah malam kemarin itu pesan tersebut tidak saya terima walaupun sudah saya coba hard reset berkali-kali.

Tadi subuh saya mencoba memperbaiki masalah tersebut, setelah browsing-browsing saya pun mencoba beberapa solusi yaitu dengan cara mematikan sinyal Mobile Network lalu masuk ke menu Service Book kemudian saya tekan tombol Alt + SBEB di keypad saya lalu saya hapus satu persatu isi Service Book nya kecuali yang berakhiran [PROVOSIONING], lalu saya aktifkan lagi sinyal Mobile Network nya kemudian setelah muncul lagi logo BlackBerry nya disamping tulisan 3G saya coba login ke akun YM saya dan berhasil! tapi tampilan contact pada BBM tetap saja sama, saya pun sudah coba kirim pesan tapi selalu muncul tanda silang (X) berwarna merah, saya pun sudah coba lakukan hard reset tapi tetap saja sama.

Solusi lainnya yang saya coba adalah dengan cara menjalankan Diagnostic Test yang ada di menu Networks and Connections > Mobile Network, hasil tes nya saya lihat semuanya Yes kecuali pada bagian BlackBerry PIN-PIN, sempat muncul juga kekhawatiran saya apakah PIN saya dikloning ? O ya sesaat setelah melakukan Diagnostic Test tersebut pesan Your handheld has been registered with the wireless network nya akhirnya saya terima juga, tapi tetap saja setiap kali saya coba kirim pesan ke contact BBM saya, notifikasi yang saya terima adalah tanda silang (X) berwarna merah. Aneh.. YM bisa, email pun bisa, tapi kok BBM tidak bisa ya ?

Dan akhirnya saya pun menemukan jawabannya setelah mencoba mencari tahu berita terbaru mengenai BBM (BlackBerry Messenger) di search engine, menurut artikel yang saya baca disini, layanan BBM mengalami gangguan pada Minggu malam tanggal 12 Mei 2013, aha! Setelah membaca berita tersebut akhirnya saya pun berhenti mengutak-atik ponsel BlackBerry saya dan akan menunggu saja hingga layanan BBM nya kembali pulih.

O ya saya pun sempat searching di Twitter, dan sepertinya BBM yang bermasalah ini tidak hanya dialami oleh para pengguna Indosat saja seperti saya, tapi juga dialami oleh para pengguna Telkomsel, XL, AXIS dan Three, dan mungkin juga dialami oleh para pengguna operator-operator lainnya.

Pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ini adalah, lain kali jika hal yang kurang lebih sama terjadi lagi, hal pertama yang akan saya cek adalah mencari tahu berita terbaru baik itu melalui search engine, media masa atau forum-forum internet, apakah memang layanannya error dari sananya atau tidak, jika tidak barulah saya mencoba mencari solusinya dan mengutak-atik ponsel saya. Dan untuk para operator telekomunikasi khususnya Indosat, alangkah lebih baik kalau setiap ada gangguan itu pelanggan diberitahu melalui SMS, supaya kita sebagai pelanggan merasa jelas dan tidak bertanya-tanya.

Update: Senin, 13 Mei 2013, 12:15 WIB

Tadi saya tes mengirimkan sebuah pesan dan alhamdulillah sekarang pesan BBM nya bisa terkirim. Sebagai tambahan informasi, kartu yang saya gunakan adalah kartu Indosat Matrix dan paket BIS yang saya gunakan adalah paket Mail & Chatting bulanan.

23 komentar:

  1. Saya juga kuatir ketika lakukan test diagnostic yang PIN PIN itu No, tetapi ternyata setelah saya cari berita, termasuk berita di blog ini, akhirnya lega karena ada gangguan untuk keseluruhan bb, thanks buat infornya

    BalasHapus
  2. Apakah sekarang layanannya sudah baik kembali? Sampai sekarang, BBM saya masih tanda silang :( padahal BBM suami saya baik2 saja. Kami berdua sama2 pakai Indosat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barusan saya tes lagi, masih tanda silang bu..

      Hapus
    2. punya saya malah mulai kemarin sore bbm nya tanda x terus padahal pagi ama siang masih bisa bbm an, amp fb,tweter juga ga bisa kebuka, mohon penjelasanna, saya pake kartu im3 ampe sekarang belum bisa bbm an lagi

      Hapus
  3. Walahhhh.. malah udh terlanjur di wipe.
    skrg mw di setting bbm'y jg gk bs krn msh error. mw restore data jg gak bs, krn jaringan msh error.
    cm bs setting email doank jd'y -.-"

    BalasHapus
  4. saya juga masih tanda silang merah pak smpai detik ini, padahl teman2 saya bbm saya masuk lancar

    BalasHapus
  5. Aku pake kartu 3 sampai saat ini juga masih ga bisa buat ngirim BBM, pasti ada tanda silang, tp kalo menerima BBM bisa..

    BalasHapus
  6. BB saya jg ga bisa buat kirim pesan,selalu tanda silang merah padahal BB suami saya ga masalah meski kami sama2 pakai telkomsel... BBM dr teman2 pun normal bisa masuk ke saya tapi setiap mau balas selalu silang merah :(

    BalasHapus
  7. saya masih tanda silang bbmnya, pake operator tri.... telkomsel udah baik-baik aja (punye temen). bbm saya bisa nerima, tapi ga bisa ngriim, tapi tadi sempet BC, masuk,kalo single chat ga masuk

    BalasHapus
  8. operator tri sudah bisa :) alhamdulillah :)

    BalasHapus
  9. Saya pakai simpati, gangguan yang sama baru terjadi tadi malam ( 12 Mei 2013 ) , sampai detik ini belum bisa.. Coba telpon ke Call Center Telkomsel, penjelasannya persis sama. Ttinggal tunggu aja nih.. Soalnya pengguna telkomsel lainnya pada baik baik saja.. Temen - temen yang bbm jadi mikir aneh, "kok bbm gw di baca doang sih, kaga di balas, gw salah apa sama lo??" hahhaha coyyyy, mau bikin klarifikasi lewat status bbm juga kaga bs, status nya ga ke update.. Riweh deh -_____-"

    BalasHapus
  10. punya saya samapi hari ini 16 mei 2013 pake operator three masih error...
    hadeuhh... sampe ganti paket berkali2.. tekorr...
    sabarrr...sabarr...

    BalasHapus
  11. XL eror tapi cuma ke salah satu kontak bb, gmn ya?

    BalasHapus
  12. ini baru errorrrrrr gmana iniiiii??????????????????/?????

    BalasHapus
  13. Mengirim pesan selalu ceklist . Namun bbm masuk , RU keluar , browser bisa semua . saya sudah mencoba tukar perdana ke teman saya baik2 saja . sudah 1 hari . yang error kartu perdana / bb nya ya gan ?

    BalasHapus
  14. bbm lagi error nih
    terima bisa tapi kirimnya ketemu tanda silang (x)
    rim cepetan dong tambah servernya lagi udah kelewatan sibuknya tuh
    kasian para pelanggan udah bayar nggak bermanfaat..........

    BalasHapus
  15. mau tanya dong, bagaimana klo bbm lancar terus, tetapi klo sms nggak terkirim dan selalu muncul tanda silangnya...

    BalasHapus
  16. ak msh gk ngerti ni .. ak bbm temen ku ni , tp ntdlv , bhkn pembaruan pun gk muncul , trus ak mw browsing gk bsa .. padahal paket nya msh ada , dan jaringan nya pun EDGE .. jd galau ni .. ak mhn info nya y ..

    BalasHapus
  17. mau tanya dong bbm di android saya jg gak jalan dari pagi tadi.. pdhl paket sama sinyal baik baik aja.. tapi untuk aplikasi lain seperti line, fb, twitter pd jalan cmn bbm aja yg enggak. saya pake krtu m3. apa lg gangguan atw gmn? udh saya restart trus cabut batre jg mhon infonya ya trmksh

    BalasHapus
  18. mau tnya , saya bbm ke temen masuk , sedangkan temen yang 1 nya lagi silang padahal dia bbm nya aktif , dia bisa ngirim pesan ke saya , tapi saya bales pesan dia malah silang , kenapa ya itu ?
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
  19. Mau tanya nih,, saya kan BBM-an nya gk pke Kartu,lagsung pake Wi-Fi dari komputer.&setiap saya ngirim pesan ke orang lain selalu muncul tanda X merah..padahal jaringan Wi-Fi nya Bagus,,jadi caranya gimana supaya saya bisa BBM-an kaya biasa lagi?? :(


    Minta penjelasannya yaa,, !! :)

    BalasHapus
  20. tanya donk...kalo saya bb, ke si h dan si v masuk tpi klo mereka replay ke saya tdk masung selalu tanda silang.tpi dengan kontak yang lain bbm saya lancar dan mereka bbm yg lain juga lancar...need help

    BalasHapus
  21. mntk infonya dong,akun bbm saya kan udh 2 minggu tidak saya pakek,trs ini tdi saya log in lgi/saya pkek lgi n pkek email yg lma tpi saya mau ngechat teman saya tpi silang trs tpi tmen saya ngeping masuk di bbm saya trs saya mau bales chat nya lgi2 silang.
    bagi yg tau mntak infonya yaaa

    BalasHapus