Minggu, 28 April 2013

Hasil Tes Kecepatan Booting 5 Distro Linux (Ubuntu, Kali Linux, Fedora, openSUSE & Lubuntu)



Karena penasaran ingin mengetahui distro Linux mana yang waktu booting-nya paling cepat, tadi saya mengukur waktu booting masing-masing distro Linux yang ter-install di netbook ASUS 1015PEM saya menggunakan stopwatch yaitu Ubuntu 12.04 LTS (Unity), Kali Linux 1.0.1 (GNOME), Fedora 18 (GNOME), openSUSE 12.3 (KDE) dan Lubuntu 13.04 (LXDE). Tes saya lakukan dengan cara mengukur waktu booting dari mulai saya tekan tombol Enter di keyboard saya pada pilihan menu OS di GRUB sampai form login distro Linux-nya terlihat, berikut hasil tesnya:


Hasilnya ternyata di luar dugaan saya, tadinya saya pikir yang booting-nya paling cepat mungkin antara Kali Linux atau Lubuntu, ternyata bukan, dari 2 kali tes yang saya lakukan untuk masing-masing distro, ternyata Ubuntu 12.04 (Unity) waktu booting-nya paling cepat yaitu rata-rata 29.73 detik, disusul oleh openSUSE 12.3 (KDE) yang hanya terpaut beberapa milidetik saja, kemudian disusul oleh Lubuntu 13.04 (LXDE), Kali Linux 1.0.1 (GNOME) dan Fedora 18 (GNOME).

Walaupun Ubuntu waktu booting-nya paling cepat tapi performa ketika sudah berada di dalam tampilan desktop menurut saya Ubuntu ini terasa agak berat, yang terasa paling ringan adalah Lubuntu, kedua saya rasa openSUSE, ketiga dan keempat saya rasa antara Kali Linux dan Ubuntu, dan kelima paling berat sara rasa adalah Fedora, tapi penilaian ini berdasarkan perasaan saya saja ya, bukan hasil pengukuran menggunakan stopwatch seperti yang saya lakukan ketika menghitung waktu booting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar