Jumat, 08 Februari 2013

Tips Bagi Anda Pengguna Software Password Manager



Pesan error Password Corral, tidak bisa login karena file corrupt Tadi malam saya mengalami kejadian yang sangat-sangat merugikan bagi saya, file yang berisi kumpulan password saya tidak bisa dibuka oleh program password manager yang saya gunakan yaitu Password Corral. Ketika saya mencoba login untuk membukanya muncul pesan error seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Pada pesan error tersebut tertulis informasi “The password data file may be corrupt” ya.. sepertinya file yang berisi kumpulan password-nya rusak sehingga tidak bisa dibaca. Jadi kejadiannya pada malam tersebut kalau saya tidak salah ingat waktu itu saya sedang membuka Password Corral, lalu membuka browser Comodo Dragon, entah kenapa semenjak membuka Comodo Dragon tersebut komputer saya jadi seperti yang hang walaupun mouse masih bisa digerakkan, tapi menutup aplikasi pun agak susah, akhirnya saya restart paksa saja. Nah pas masuk Windows lagi lalu saya membuka Password Corral dan mencoba login, saya menemukan pesan error tersebut. Saya sempat panik karena semua password saya ada disitu termasuk password untuk login ke email utama saya, tapi untung saja, setelah saya cari-cari di harddisk saya, saya menemukan file kumpulan password Password Corral yang terdahulu, walaupun kalau dilihat dari ukuran filenya sih file lama ini hanya berisi sekitar 70-80 persen password yang saya miliki pada file baru yang corrupt itu.

Jadi tips-nya jika anda menggunakan software password manager yang database password-nya berupa file yang bisa kita copy, sebaiknya secara periodik anda backup file tersebut, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan jika suatu saat kejadian yang menimpa saya juga menimpa anda. Dan satu lagi tipsnya, sebaiknya anda juga mengingat password email utama anda, karena biasanya jika anda lupa password untuk login ke suatu situs maka ada fasilitas lupa password yang akan mengirimkan link reset password ke email anda, jika anda lupa password emailnya maka anda tidak bisa me-reset passwordnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar