Sabtu, 16 Februari 2013

Cara Install Netbeans 7.3 Beta Di Linux Mint 14



Perintah untuk meng-install Netbeans
Barusan saya meng-install Netbeans IDE versi 7.3 Beta di Linux Mint 14 (berbasis Ubuntu), bundle Netbeans yang saya download adalah bundle PHP, versi yang ini sudah support HTML5 jadi sepertinya cocok untuk saya gunakan sebagai pengganti Adobe Dreamweaver yang biasa saya gunakan di Windows. Nah.. karena saya baru mulai kemarin beralih full ke Linux, jadi agak blank juga bagaimana caranya meng-install download-an Netbeans tersebut yang memiliki ekstension .sh (shell script), setelah browsing-browsing akhirnya ketemu juga caranya, pertama jika file download-an Netbeans-nya tidak anda simpan di folder Home, silahkan anda pindahkan dulu ke folder Home, setelah itu anda buka aplikasi Terminal anda lalu ketikkan perintah sudo chmod +x netbeans-* setelah itu silahkan masukkan password root anda. Lalu ketikkan lagi perintah sudo ./netbeans-*, nanti akan muncul jendela installer dalam bentuk GUI-nya, kalau sudah disitu silahkan anda lanjutkan sendiri proses instalasinya.

2 komentar:

  1. kren gan gua juga baru pindah full ke linux

    BalasHapus
  2. yoa gan, linux abis, n netbeans jg keren ane develop apapun bs, ada html5 nya jg

    BalasHapus