Selasa, 13 November 2012

Cara Sharing Folder Di VirtualBox (Windows 7 & Ubuntu)



Menu Settings di VirtualBox Salah satu fitur yang dimiliki oleh VirtualBox Guest Additions adalah kemampuan untuk sharing folder antara komputer host dan komputer guest, nah di artikel ini akan saya ajarkan kepada anda bagaimana cara sharing folder-nya. Untuk contoh ini saya menggunakan sistem operasi Windows 7 sebagai komputer host dan Ubuntu 12.04 sebagai komputer guest. Sebelum melanjutkan membaca tutorial ini anda harus meng-install VirtualBox Guest Additions terlebih dahulu, jika anda belum meng-install-nya silahkan baca artikel saya sebelumnya untuk membaca panduannya, jika sudah, berikut cara sharing folder di VirtualBox dengan Windows 7 sebagai sistem operasi komputer host dan Ubuntu 12.04 sebagai sistem operasi komputer guest:

Jika komputer guest anda sedang berjalan silahkan shutdown dulu, setelah itu anda klik kanan di sistem operasi-nya lalu pilih menu Settings seperti yang bisa anda lihat contohnya pada gambar di atas lalu klik menu Shared Folders. Lalu klik icon folder yang ada tanda plus-nya seperti yang ditunjukkan panah pada gambar di bawah ini.

Menambahkan folder untuk di-share di VirtualBox

Arahkan ke folder atau partisi yang ingin anda share, lalu centang opsi Auto-mount, lalu klik tombol OK dan klik OK sekali lagi, sebagai contoh saya men-share folder dengan nama Shared yang lokasinya ada di Desktop komputer Windows 7 saya.

Folder yang di-share

Setelah itu anda jalankan komputer guest anda, login lalu buka aplikasi Terminal (Ubuntu), lalu ketikkan perintah: sudo adduser namauseranda vboxsf ganti namauseranda dengan nama user anda tentunya, setelah sukses akan muncul pesan seperti yang bisa anda lihat pada contoh gambar di bawah ini, sekarang silahkan anda restart koputer guest anda.

Menambahkan user berhasil di Ubuntu

Setelah di-restart dan login kembali ke Ubuntu anda, sekarang anda klik icon Home Folder lalu klik folder File System > media, nah disana anda akan melihat folder yang tadi anda share, folder yang di-share ini akan diawali dengan kata sf_ seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Lokasi folder yang berhasil di-share di VirtualBox


Tidak ada komentar:

Posting Komentar