Senin, 19 November 2012

Cara Membuat Tombol Ignore Di XChat



Hasil jadi tombol Ignore dan Unignore di XChat Tadi saya mencoba sebuah software IRC client gratisan bernama XChat, setelah mencoba software-nya untuk beberapa saat, ada satu hal yang tidak dimiliki oleh software XChat ini yang rasanya cukup mengganggu bagi saya yaitu tidak adanya tombol untuk meng-ignore user. Buat saya pribadi tombol ignore ini cukup penting karena di IRC banyak sekali user yang mengirimkan pesan-pesan spam. Solusi untuk mengatasi hal tersebut di atas adalah dengan cara membuat tombol ignore sendiri, berikut caranya:

Pertama anda buka menu Settings > Advanced > Userlist Popup, setelah muncul jendela kecilnya anda scroll ke bawah jendela tersebut lalu klik tombol Add New, kemudian ganti kolom yang ada tulisan *NEW* dengan SUB dan ganti kolom dengan tulisan EDIT ME dengan Ignore & Unignore. Selanjutnya anda klik lagi tombol Add New nya lalu buat lagi seperti di atas tapi isiannya berbeda, anda buat 3 baris dengan isian seperti terlihat pada tabel di bawah ini, setelah selesai anda klik tombol Save.

*NEW* EDIT ME
Ignore ignore *!*@%h all
Unignore unignore *!*@%h
ENDSUB  

Hasil jadinya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Membuat tombol ignore dan unignore di XChat

Apa yang anda buat tadi akan menghasilkan tombol ignore dan unignore yang bisa anda akses dengan cara mengklik kanan di jendela chatting antara anda dan teman chat anda, jika anda berada di jendela channel maka anda bisa mengakses tombol ignore dan unignore-nya dengan cara mengklik kanan di nick orang yang sedang chat di channel tersebut. Berikut tampilan tombol ignore dan unignore-nya:

Hasil jadi tombol Ignore dan Unignore di XChat 

Daftar user yang anda ignore bisa anda akses melalui menu Window > Ignore List. Sebagai informasi, perintah ignore yang tadi anda masukkan ketika membuat tombolnya akan meng-ignore user berdasarkan hostname atau IP-nya, bukan berdasarkan nickname atau nama samarannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar