Selasa, 20 November 2012

Cara Melihat Struktur Data Di Dalam Harddisk Dalam Bentuk Balok Warna Menggunakan WinDirStat



WinDirStat Barusan saya mencoba sebuah software yang cukup unik dan menarik, nama softwarenya adalah WinDirStat. Software ini fungsinya adalah menampilkan struktur semua data yang ada di dalam harddisk dalam bentuk balok-balok warna, jadi setiap ekstension file-nya itu ditampilkan dalam bentuk balok dengan warna yang berbeda-beda. Tampilan software WinDirStat ini dibagi ke dalam 3 bagian, bagian pertama menampilkan struktur data dalam bentuk tree (1), bagian kedua menampilkan struktur data berdasarkan file ekstensionnya (2), dan bagian ketiga menampilkan struktur data dalam bentuk balok-balok warna (3). Kalau kita klik salah satu balok warna tersebut (3) maka bagian nomor 1 (tree) dan nomor 2 (file ekstension) akan menyesuaikan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Tampilan program WinDirStat

Cara menggunakan WinDirStat ini mudah sekali, anda install programnya lalu jalankan, nah ketika pertama kali dijalankan akan keluar jendela dengan tampilan seperti di bawah ini, silahkan pilih sesuai keinginan anda apakah anda ingin menampilkan All Local Drives (semua partisi harddisk) atau Individual Drives (partisi tertentu).

Memilih partisi yang ingin ditampilkan di program WinDirStat 

Selanjutnya program WinDirStat akan melakukan scanning, lamanya tentu bergantung kepada seberapa besar yang harus di-scan, setelah selesai scanning-nya maka nanti akan muncul jendela dengan tampilan penuh dengan balok-balok warna seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Program WinDirStat sedang melakukan scanning harddisk

Program WinDirStat ini cukup banyak memakan memory, pada saat saya gunakan program WinDirStat ini memakan konsumsi memory sebesar 115 MB, jadi buat anda yang memory komputernya pas-pasan lebih baik jangan menggunakan software ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar