Selasa, 14 Agustus 2012

Cara Pindah Mode Tampilan Metro UI & Desktop Di Windows 8 Release Preview



Tidak seperti Windows versi sebelumnya, Windows 8 ini memiliki 2 tampilan desktop, yang satu dinamakan Metro UI dan yang satu lagi namanya tetap desktop. Tampilan Metro UI dirancang untuk kenyamanan pengguna tablet yang tidak menggunakan mouse, tapi anda yang tidak menggunakan tablet pun alias menggunakan komputer desktop atau laptop tetap bisa melihat dan menggunakan tampilan Metro UI ini. Sebenarnya sih menurut saya Metro UI ini seperti pengganti start menu di Windows versi sebelumnya, cuma tampilannya saja yang lebih bagus dan ada beberapa aplikasi yang memang dirancang untuk jalan di Metro UI (tampilannya nge-blend dengan Metro UI) seperti aplikasi-aplikasi default-nya yaitu Bing Weather, Internet Explorer dan lain sebagainya, sedangkan aplikasi-aplikasi seperti Windows Explorer dan Notepad tetap jalan di tampilan desktop.

Ketika anda pertama kali menjalankan Windows 8 maka tampilan yang akan anda lihat adalah tampilan Metro UI, nah sekarang pertanyaannya bagaimana kah caranya ganti mode tampilan ke desktop dan sebaliknya ? caranya sangat mudah, anda tekan saja tombol berlogo Windows di keyboard anda maka mode tampilan pun akan berubah dari Metro UI ke desktop, dan jika anda tekan lagi maka akan berubah lagi dari dekstop ke Metro UI. Cuma ada satu syaratnya nih supaya anda bisa mengakses mode tampilan desktop dari Metro UI yaitu tidak ada aplikasi yang sedang anda buka di Metro UI, karena kalau ada yang terbuka maka ketika anda tekan tombol berlogo Windows yang terjadi adalah anda akan pindah tampilan dari tampilan aplikasi ke tampilan home screen (tampilan muka), begitu pun sebaliknya.

Jika ada aplikasi yang sedang terbuka dan anda ingin mengakses mode tampilan desktop maka caranya adalah dengan menekan tombol berlogo Windows dan tombol “D” secara bersamaan, dan jika anda ingin kembali lagi ke tampilan Metro UI cukup tekan saja tombol berlogo Windows.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar