Selasa, 28 Agustus 2012

Cara Ganti Nama Hari & Bulan WordPress Ke Bahasa Indonesia



Di tutorial kali ini saya akan ajarkan kepada anda bagaimana cara ganti nama hari dan bulan di blog WordPress anda, blog WordPress yang saya maksud adalah blog WordPress yang hosting sendiri ya bukan yang namabloganda.wordpress.com. Secara default nama hari dan bulan pada WordPress itu menggunakan bahasa Inggris, kalau blog anda menggunakan bahasa Inggris sih tidak masalah, tapi kalau blog anda menggunakan Bahasa Indonesia rasanya akan terlihat kurang seragam ketika melihat penamaan tanggal dan link arsip bulanan di sidebar yang menggunakan bahasa Inggris. Berikut cara ganti nama hari dan bulan di WordPress dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

Login ke acount cPanel anda (biasanya alamatnya seperti ini: alamatbloganda.com/cpanel), setelah login klik menu “File Manager”, nanti akan muncul jendela kecil seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih pilihan “Web Root” lalu klik tombol “OK” untuk membuka “File Manager” tersebut.

Membuka File Manager di cPanel

Selanjutnya buka folder “wp-includes” (double klik), jika anda punya banyak blog ter-install (add-ons) maka pilih dulu folder blog yang ingin anda ganti nama hari dan bulannya lalu klik folder “wp-includes”. Cari file “locale.php”, setelah ketemu ada baiknya anda download dulu file-nya sebagai backup untuk jaga-jaga saja siapa tahu hal yang tidak diinginkan terjadi, untuk men-download file tersebut klik kanan di file lalu pilih “Download”.

Setelah ter-dwonload sekarang saatnya anda meng-edit file “locale.php” tersebut secara online langsung di cPanel (bukan meng-edit file yang tadi anda download). Klik kanan di file “locale.php” tersebut lalu pilih menu “Code Edit”, nanti akan muncul jendela kecil, klik tombol “Edit” untuk membuka editornya.

Setelah seleai terbuka (agak lama loadingnya kalau anda baru pertama kali membuka Code Editor ini) scroll ke bawah sampai anda menemukan kode seperti yang terlihat pada gambar di bwah ini.

Ganti nama hari WordPress di cPanel Code Edit

Ganti nama hari dalam bahasa Inggris (bagian yang saya beri warna kuning) di kode tersebut ke Bahasa Indonesia seperti yang sudah saya lakukan pada contoh gambar di atas.

Sekarang mengganti nama bulan, scroll sedikit ke bawah sampai anda menemukan barisan kode seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Ganti nama bulan WordPress di cPanel Code Edit

Ganti nama bulan dalam bahasa Inggris pada bagian yang saya beri warna kuning ke Bahasa Indonesia seperti yang telah saya lakukan pada contoh gambar di atas.

Setelah nama hari dan bulannya selesai anda ganti sekarang simpan file tersebut, klik tombol “Save Changes” di pojok kanan atas, kemudian coba buka blog anda, pasti sekarang penamaan hari dan bulannya jadi Bahasa Indonesia.

O ya file “locale.php” ini akan selalu ditimpah dengan file orisinal bawaan WordPress setiap kali anda meng-upgrade WordPress anda, jadi habis upgrade anda harus ganti lagi nama hari dan bulannya menggunakan cara di atas supaya menjadi Bahasa Indonesia lagi. Biar tidak capek sih lebih baik anda save file “locale.php” yang sudah anda edit tersebut kemudian setiap habis upgrade WordPress anda timpah file “locale.php” nya menggunakan file yang telah anda edit tersebut.


1 komentar: