Kamis, 31 Mei 2012

Cara Setting cPanel Supaya File Gambar Hanya Muncul Di Situs Yang Kita Ijinkan



Menu Hotlink Protection di cPanel Tingkat plagiarisme isi situs atau blog saat ini di Indonesia mungkin tidak berlebihan kalau saya katakan sangat menyedihkan, saya pernah men-cek salah satu blog milik saya dan saya menemukan lebih dari 5 blog yang meng-copy mentah-mentah postingan blog saya tanpa mencantumkan link dofollow ke halaman asli bahkan link nofollow sekali pun tidak ada, lebih parahnya lagi mereka juga menampilkan gambar yang me-link ke gambar asli di server saya, ini tentunya merugikan saya sebagai pemilik akun hosting karena jatah bandwidth saya dicuri oleh mereka. Sudah mencuri artikel eh bandwidth pun mereka curi, nah untuk mengatasi masalah pencurian bandwidth anda bisa melakukannya di cPanel melalui aplikasi "Hotlink Protection", silahkan anda cari lalu klik menu tersebut. O ya sebaiknya anda familiar dengan .htaccess dan tahu bagaimana cara mengedit isinya karena pada saat saya mengaktifkan fitur Hotlink Protection ini ada error di salah satu file .htaccess dan saya harus mengeditnya secara manual.

Setelah dibuka aplikasi Hotlink Protection-nya langkah selanjutnya adalah anda masukkan daftar alamat situs anda di bagian "URLs to allow access", contoh format URL-nya adalah seperti http://example.com, jika situs anda menggunakan www di depannya maka format penulisannya menjadi http://www.example.com, jangan lupa juga memasukan subdomain-subdomain anda misalnya http://subdomain.example.com. Setelah memasukkan URL langkah selanjutnya adalah memasukan daftar ekstensi file yang ingin anda blok di bagian "Block direct access for these extensions" (dipisah dengan koma), kalau di cPanel akun hosting saya bagian ini secara default sudah terisi, selanjutnya untuk bagian "Redirect request to this URL" saya mengosongkannya, bagian itu adalah untuk mengalihkan request file. Setelah semua selesai sekarang klik tombol "Submit", nanti anda akan mendapatkan pesan konfirmasi apakah proses sukses atau tidak, nah berdasarkan pengalaman saya dulu pesan konfirmasinya ada error, saya lupa pesan error-nya seperti apa tapi waktu itu saya cek satu persatu file .htaccess situs saya dan saya menemukan 1 file .htaccess yang bermasalah dan saya edit secara manual dengan menggunakan acuan dari file .htaccess di situs saya yang lainnya.

Mengaktifkan fitur Hotlink Protection di cPanel

Setelah selesai kini saatnya anda membuka situs anda satu persatu dan cek apakah gambarnya bisa tampil di situs anda atau tidak. Ada baiknya anda mengosongkan dulu cache browser anda untuk mencegah browser menampilkan gambar yang telah ada di cache. Jika ada situs yang tidak bisa menampilkan gambar coba cek lagi apakah alamat situs anda tersebut sudah tercantum di bagian "URLs to allow access" halaman aplikasi Hotlink Protection akun cPanel anda atau tidak, jika belum tercantum maka anda tambahkan kesitu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar