Sabtu, 10 September 2011

Cara Meng-Ekstrak Teks Yang Ada Di Gambar



Tampilan aplikasi FreeOCR Pernahkah anda mengalami suatu kejadian dimana anda diharuskan mengetik ulang dokumen yang anda miliki karena file-nya sudah anda hapus dari komputer anda ? nah.. untuk mempermudah aktifitas tersebut anda bisa memanfaatkan sofware OCR, di internet bisa anda temukan dengan mudah software-software OCR ini, tapi kebanyakan berbayar alias tidak gratis, tapi tenang yang gratisan juga ada kok, kebetulan hari ini saya baru mencoba sebuah software OCR gratisan bernama FreeOCR, silahkan anda download dulu installer-nya disini, setelah itu anda double klik, nanti dia akan men-dowonload file-file yang dibutuhkan pada saat instalasi (anda membutuhkan koneksi internet pada saat instalasi), dan setelah proses instalasi-nya selesai anda jalankan program-nya, tampilan program-nya bisa anda lihat pada gambar di atas.

Karena saya tidak memiliki documen scan-an, sebagai contoh untuk artikel ini saya akan menggunakan gambar screenshot saja, setelah saya buat screenshot-nya untuk di-ekstrak teks-nya sebagai contoh, selanjutnya saya klik tombol "Open" yang terdapat di aplikasi FreeOCR lalu saya arahkan ke file screenshot yang telah saya buat sebelumnya, selanjutnya saya klik tombol "OCR" untuk memulai proses peng-ekstrak-an teks, dan hasilnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

Hasil peng-ekstrak-an teks menggunakan FreeOCR 

Bagian sebelah kiri pada jendela program FreeOCR di atas adalah gambar screenshot yang saya buat, dan bagian sebelah kanan adalah hasil peng-ekstrak-an teks-nya, teks tersebut bisa kita copy-paste. Hasil peng-ekstrak-an teks menggunakan software OCR kadang tidak akurat, oleh karena itu sebaiknya anda tetap melakukan pengecekan untuk mencegah siapa tahu ada karakter-karakter yang tidak di-ekstrak secara benar.


1 komentar: