Kamis, 23 Juni 2011

Twitter Itu Apa Sih ?



Tampilan halaman depan situs Twitter Buat anda yang belum tahu Twitter itu apa, di artikel ini saya akan mencoba menerangkannya kepada anda. Twitter itu adalah semacam situs jejaring sosial mini dimana fungsi utamanya adalah untuk membagi update terbaru tentang anda dan segala macam hal yang berhubungan dengan anda kepada orang lain. Update yang anda tulis di akun Twitter anda itu dikenal dengan sebutan "Tweet", di Twitter juga dikenal istilah "Following" dan "Followers". Following itu adalah daftar akun-akun Twitter orang lain yang anda ikuti atau anda follow kalau dalam bahasa Inggris, sedangkan Followers itu adalah daftar akun-akun Twitter orang lain yang mengikuti atau mem-follow akun Twitter anda. Orang-orang yang mem-follow akun Twitter anda bisa membaca semua Tweet yang anda tulis, begitu pun sebaliknya, anda bisa membaca semua tweet akun-akun Twitter orang lain yang anda follow. Jadi kalau anda ingin mengetahui update terbaru tentang seseorang yang ada di Twitter anda follow saja orang tersebut. Berikut ini beberapa istilah di Twitter yang harus anda ketahui:

Timeline

Daftar tweet yang anda tulis dan orang lain tulis di akun Twitternya itu dikenal dengan sebutan "Timeline", seperti namanya tentunya tweet-tweet tersebut akan diurutkan berdasarkan waktu penulisannya. Semua tweet akun-akun Twitter yang anda follow juga akan ditampilkan dalam bentuk timeline, jadi semua tweetnya bercampur dan diurutkan berdasarkan waktu penulisannya. Berikut ini tampilan Timeline daftar akun-akun Twitter yang saya follow (bagian yang saya beri warna kuning).

Tampilan Timeline akun Twitter saya

Mention

Mention ini kalau dalam bahasa Indonesia artinya menyebut, istilah ini digunakan untuk tweet-tweet yang mencantumkan nama user Twitter anda di dalam tweetnya. Nama user Twitter anda itu akan dimulai dengan tanda "@", jika ada seseorang yang mencantumkan nama user Twitter anda di tweet yang dia tulis maka anda akan menerima notifikasinya.

Retweet

Retweet ini artinya men-tweet kembali tweet orang lain, jika anda suka dengan tweet seseorang yang anda follow, anda bisa me-retweet-nya sehingga para follower anda juga bisa membacanya, Retweet ini saat ini lebih dikenal dengan singkatan RT.

Direct Message

Direct Message ini adalah fitur yang memungkinkan anda mengirim pesan kepada pengguna Twitter lain tanpa diketahui oleh orang lain, jadi hanya anda dan orang tersebut yang bisa membacanya. Untuk bisa mengirim Direct Message kepada seseorang ada syaratnya yaitu anda harus mem-follow orang tersebut dan orang tersebut pun harus mem-follow anda.


1 komentar: