Kamis, 23 Juni 2011

Cara Menggunakan Twitter



Menu Settings di Twitter Setelah anda memiliki akun Twitter kini saatnya anda belajar bagaimana cara menggunakannya. Mungkin hal pertama yang ingin anda lakukan adalah meng-upload foto anda, untuk meng-upload-nya caranya anda klik tanda panah kecil di pojok kanan atas tepat di sebelah kanan username Twitter anda lalu pilih menu "Settings", kemudian setelah itu di deretan menu halaman Settings anda pilih menu "Profile", klik tombol "Browse" lalu pilih foto yang ingin anda upload. Di situ ada form input-an "Location", "Web" dan "Bio", sekalian saja anda isi form-form tersebut. Setelah semuanya anda rasa OK, klik tombol "Save" untuk menyimpan perubahan. Untuk foto sebaiknya anda upload foto yang ukurannya kotak atau 1 : 1, terus kalau ada sebaiknya anda juga upload foto yang close-up supaya orang lain gampang mengenali wajah anda. Foto yang anda upload biasanya tidak akan langsung muncul, butuh waktu mulai dari hitungan menit sampai jam, entah kenapa saya juga tidak tahu pasti.

Meng-upload dan mengganti profile Twitter

Cara Menulis Tweet

Untuk menulis Tweet klik menu "Compose new Tweet" yang lokasinya ada di sebelah kanan atas (tombol biru ada gambar bulu ayamnya), nah nanti akan muncul form input-an untuk menulis Tweet-nya, ketika mengetik Tweet perhatikan di bagian sebelah kanan bawah form input-an tersebut ada angka yang jumlahnya berkurang seiring dengan semakin banyaknya karakter yang anda ketikkan, itu adalah indikator berapa karakter yang tersisa yang bisa anda ketikkan di form tersebut. Di Twitter kita hanya bisa menulis Tweet maksimal 140 karakter saja, lebih dari itu tombol "Tweet" tidak bisa kita klik. Setelah selesai mengetik Tweet anda klik tombol "Tweet" untuk mempublikasikannya.

Cara Me-Mention Pengguna Twitter Lain

Mention ini digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Twitter lain, setiap pengguna Twitter memiliki nama user yang diawali dengan simbol “@”, nah untuk me-mention seseorang anda tambahkan saja nama user orang tersebut ke dalam pesan tweet anda, contohnya seperti ini “halo @nama-user-twitter lapar nih, kita makan yuk ?!”

Cara Mem-Follow Pengguna Twitter Lain

Untuk mem-follow pengguna Twitter lain anda ketikkan saja namanya di search bar yang ada di kanan atas, misalnya sebagai contoh anda ingin mem-follow akun @jadwalsepakbola yang sering meng-update jadwal dan hasil bola terbaru, anda ketikkan saja “jadwalsepakbola” di search bar tersebut dan nanti akan muncul di bawahnya nama user yang ada hubungannya dengan keyword yang tadi anda ketikkan, klik nama user @jadwalsepakbola yang muncul nanti anda akan dibawa ke halaman profile @jadwalsepakbola, klik tombol “Follow” di halaman tersebut untuk mem-follow akun @jadwalsepakbola.

Mem-follow akun Twitter

Cara Me-Reply dan Me-Retweet

Untuk me-reply atau membalas tweet yang dipublikasikan oleh pengguna Twitter lain anda arahkan cursor mouse anda ke Tweet yang ingin anda reply, nanti akan muncul 3 deret menu di bawah Tweet tersebut yaitu "Favorite", "Retweet" dan "Reply", untuk me-reply klik "Reply" nanti akan muncul jendela kecil seperti yang bisa anda lihat pada gambar di samping, tulis pesan balasan anda lalu klik tombol "Tweet" untuk mempublikasikannya. Untuk me-retweet klik tombol "Retweet", nanti akan muncul jendela konfirmasi apakah anda benar-benar ingin me-retweet tweet tersebut agar bisa dibaca para follower anda, jika iya klik tombol "Retweet", jika tidak klik tombol "Cancel".

Cara reply tweet di Twitter

Cara Mengirim Direct Message

Jika anda ingin mengirim pesan yang sifatnya personal atau rahasia terhadap pengguna Twitter lain maka anda sebaiknya menggunakan fitur Direct Message, agar bisa menggunakan fitur ini ada syaratnya yaitu anda harus mem-follow orang tersebut dan orang tersebut pun harus mem-follow anda. Untuk mengirim Direct Message anda klik tombol bergambar gerigi di bagian atas lalu pilih menu “Direct Message”, selanjutnya akan muncul jendela kecil, klik tombol “New message” lalu ketikkan user Twitter yang ingin anda kirimi pesan lalu ketikkan pesannya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini lalu klik tombol “Send message”.

Cara kirim Direct Message di Twitter


1 komentar: