Jumat, 06 Desember 2013

Cara Mengecek Status Baterai Laptop Di Linux Melalui Terminal



Kalau sedang di rumah, saya biasa mengakses netbook saya secara remote menggunakan SSH dari komputer desktop saya. Nah, kebetulan pagi ini saya pun meng-SSH netbook saya tersebut, dan karena colokkan listrik di terminal listrik saya penuh, maka netbook-nya berjalan menggunakan tenaga dari baterai-nya. Setelah cukup lama netbook tersebut menyala, kemudian timbul pertanyaan di kepala saya, bagaimana caranya mengecek status baterai netbook saya tersebut melalui perintah command-line di Terminal ? setelah browsing-browsing akhirnya saya menemukan caranya, yaitu dengan cara meng-install sebuah aplikasi bernama acpi menggunakan perintah sudo apt-get install acpi setelah itu cukup ketikkan perintah acpi untuk mengecek status baterai laptop-nya seperti yang terlihat pada screenshot gambar di bawah ini:


Anda juga bisa mengecek suhu baterai laptop anda menggunakan aplikasi acpi ini, perintah untuk mengeceknya adalah acpi -t dan output-nya juga bisa anda lihat pada gambar screenshot di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar