Kamis, 04 Juli 2013

Cara Agar CentOS 6.4 (Minimal) Bisa Konek Ke Jaringan LAN & Internet



Tadi saya baru selesai meng-install sistem operasi CentOS 6.4 (minimal) di laptop CQ20-213TU saya, nah setelah selesai proses instalasinya lalu saya login menggunakan akun root saya, ternyata secara default ethernet-nya tidak otomatis konek ke jaringan LAN, tidak seperti Ubuntu Server 12.04.2 LTS yang beberapa waktu lalu saya install di laptop saya yang lainnya. Nah setelah browsing-browsing akhirnya saya menemukan juga bagaimana caranya supaya ethernet-nya bisa konek ke jaringan LAN. Caranya adalah login ke akun root anda lalu ketikkan perintah command line berikut ini vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0 lalu ganti isian pada ONBOOT menjadi yes, ganti isian NM_CONTROLLED menjadi no dan tambahkan baris GATEWAY=ip_router_anda setelah itu anda simpan dokumennya.


Setelah anda simpan dokumennya, untuk mengaktifkan perubahannya anda restart service network-nya menggunakan perintah service network restart

Tidak ada komentar:

Posting Komentar