Minggu, 02 Juni 2013

Cara Melihat Kapasitas Suatu Folder Di cPanel



Saya berencana memindahkan situs-situs saya yang saat ini saya hosting-kan di HostGator ke MWN dengan alasan penghematan biaya. Traffic situs-situs saya tersebut saat ini saya lihat tidak terlampau besar dan tidak butuh space harddisk & resource server yang besar juga. Karena traffic-nya kebanyakan datang dari dalam negeri, saya pikir akan lebih ekonomis dan akan lebih cepat diakses kalau di-hosting-kan di server Indonesia. Kebetulan paket-paket hosting di MWN ini cukup banyak sekali pilihannya, setiap paket menawarkan jumlah space harddisk dan data transfer luar negeri yang berbeda, agar dapat memilih paket hosting yang tepat salah satu hal yang harus saya ketahui adalah mengetahui kebutuhan space harddisk situs-situs saya saat ini (file dan database).

Nah yang ingin saya share di artikel ini adalah bagaimana cara melihat kapasitas suatu folder di cPanel, karena kalau kita buka menu File Manager di cPanel, untuk setiap folder yang ada, pada kolom Size nya hanya tertulis 4 KB. Untuk mengetahui kapasitas folder sebenarnya caranya anda klik menu Disk Space Usage seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


Setelah halamannya muncul tunggu hingga proses loading-nya selesai lalu scroll halamannya ke bawah, nanti anda akan menemukan tampilan yang terlihat kurang lebih seperti gambar di bawah ini:


Langkah selanjutnya adalah mengklik kotak bertanda + di samping kiri folder Document Root cPanel anda, pada akun hosting HostGator saya, lokasi Document Root-nya adalah di folder public_html, setelah diklik nanti akan muncul folder-folder di dalamnya, silahkan anda cari folder yang ingin anda ketahui kapasitasnya, sebagai contoh kapasitas folder yang ingin saya ketahui saya tunjukkan dengan tanda panah merah pada gambar di atas.

2 komentar:

  1. kalo untuk melihat disk space yang MWN gimana bos?
    maklum masih baru pake MWN :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cPanel sih harusnya caranya kurang lebih sama, tapi kalo Spanel saya gak tau soalnya gak punya akun hosting di MWN nih..

      Hapus